Perbaikan Tanah Lunak

Perkuatan dan Perbaikan Tanah Lunak dengan material geosintetik, geotextile, geogrid dan geocell. Hubungi kami CV. Mutu Utama Geoteknik untuk informasi dan saran teknik pemilihan produk serta informasi jasa pemasangan.

Perkuatan, Perkerasan dan Perbaikan Tanah Lunak

Pengertian Tanah Lunak

Pengertian tanah lunak (soft soil) adalah tanah yang memiliki nilai kompresibilitas tinggi, biasanya mengandung butiran halus dan lempung yang umur Holosen (<10.000 tahun). Proses terjadinya tanah lunak, secara alami dibentuk melalui pengendapan pada dataran alluvial seperti daerah pantai, persawahan, sungai, danau, dan rawa-rawa. Karakteristik tanah lunak yaitu memiliki gaya geser rendah, kemampatan tinggi, dan mempunyai daya dukung yang rendah. Berdasarkan informasi Kementerian ESDM RI sebaran tanah lunak ada di beberapa provinsi di Indonesia, yang semuanya berada di daerah pesisir.

Metode Perbaikan Tanah Lunak

Untuk perbaikan tanah lunak dibutuhkan beberapa metode dan teknologi salah satunya yaitu pembuatan struktur lapisan perkerasan jalan, diantaranya lapisan subgrade, base course, dan surface course sebagai daya dukung tanah pada proyek perkerasan jalan dan proyek lainnya. Berikut penjelasan beberapa aplikasi geosintetik yang terdiri dari geotextile, geogrid, dan geocell sebagai material pelapisan untuk perkuatan tanah lunak.

1. Aplikasi Geotextile untuk Pemisah (Separator)

Aplikasi geotextile pada tanah lunak berfungsi untuk material lapisan yang berperan untuk perkuatan dan pemisah antara tanah dasar dan tanah timbunan diatasnya. Dengan demikian, pemanfaatan geotextile dapat membantu meratakan beban sehingga akan mengurangi gelombang. Info selengkapnya produk Geotextile.

2. Aplikasi Geogrid untuk Perkuatan Tekan

Pemanfaatan material Geogrid untuk perkerasan tanah lunak berfungsi sebagai material lapisan diatas tanah dasar luna dan lapisan geotextile. Pemasangan geogrid ini bertujuan untuk perkuatan tekan secara horizontal dan perkuatan tarik secara horizontal. Info selengkapnya produk Geogrid.

aplikasi geogrid untuk perkuatan tekan

3. Aplikasi Geocell untuk Pengunci Tanah

Penggunaan Geocell sangat disarankan sebagai material perkuatan tanah lunak yang berfungsi untuk menstabilkan tanah dan melindungi permukaan tanah dengan sistem kekangan atau penguncian tanah dalam sel-sel sehingga tidak terjadi penyebaran tanah saat tertekan beban diatasnya. Info selengkapnya produk Geocell.

Proyek Perbaikan Tanah Lunak

Mengapa Pilih Kami

Konsultasi Gratis

Kami memberikan konsultasi Gratis untuk membantu Anda menentukan jenis produk geosinstetik untuk solusi perbaikan jalan lunak.

Produk Terbaik

Kami telah sukses membantu beberapa proyek untuk supply produk sekaligus instalasi material geotextile, geogrid dan geocell untuk perkuatan jalan lunak.

Pengerjaaan Cepat

Kami telah sukses membantu beberapa proyek untuk supply produk sekaligus instalasi perbaikan jalan lunak dengan material geosintetik.

Customer Review

“Mutu Utama Geoteknik sudah menunjukkan kualitas pekerjaan yang luar biasa.”
wijaya karya
Budi Santoso
Project Manager
“Well Done, Good Job every one.”
Ahmad Bernadi
Project Manager
“Management Project dan ketepatan Timeline adalah nilai lebih dari Mutu Utama Geoteknik. Sukses Selalu.”
jaya konstruksi
Titah Gopal
Project Manager

Our Satisfied Customers

Scroll to Top
Hubungi kami
Halo saya Dany,
Ada yang bisa kami bantu?