4 Struktur Lapisan Perkerasan Jalan Yang Wajib Kamu Tahu

Bagikan Artikel Ini:

Seperti kita ketahui, banyak sekali jalan di Indonesia yang sering mengalami kerusakan baik jalan aspal maupun jalan beton, terlebih jalan yang sama sekali belum tersentuh pembangunan perkerasan jalan.

Untuk mengetahui struktur lapisan perkerasan jalan agar pembangunan infrastruktur jalan akan semakin baik dan bertahan lama, berikut empat struktur jalan yang wajib kamu ketahui.

Struktur Perkerasan Jalan

Infrastruktur jalan yang baik tidak lepas dari berbagai struktur lapisan perkerasan jalan yang baik juga. Berikut struktur perkerasan jalan yang terdiri dari empat lapisan, diantaranya:

1. Lapisan Tanah Dasar (Subgrade)

Subgrade adalah lapisan permukaan tanah dasar asli yang dipadatkan guna meletakkan lapisan lainnya diatasnya yang terdiri dari lapisan subbase course, base course dan surface course.

Aplikasi Geotextile Woven untuk Daya Dukung Subgrade
Aplikasi Geotextile Woven untuk Daya Dukung Subgrade

Sebagai daya dukung perkuatan subgrade yang semakin baik, biasnya digunakan material geotextile woven yang berfungsi sebagai separasi atau pemisah antara lapisan tanah dasar (sub grade) dengan lapisan pondasi bawah (subbase course).

2. Lapisan Pondasi Bawah (Subbase Course)

Subbase course merupakan lapisan pondasi yang diletakkan diatas lapisan subgrade. Material subbase course yang baik memiliki tipe yang lebih baik dari subgrade, biasanya berasal dari lokasi lain. Fungsi Subbase Course berfungsi sebagai lapisan pondasi bawah untuk daya dukung tanah dasar, sekaligus mencegah tanah dasar masuk dalam lapis pondasi.

3. Lapisan Pondasi Atas (Base Course)

Lapisan pondasi atau base course yaitu struktur lapisan material yang diletakkan diatas lapisan pondasi bawah. Fungsi base course adalah sebagai tempat peletekkan lapisan permukaan dan sekaligus penahan beban roda pada jalan.

4. Lapisan Bagian Atas (Surface Course)

Surface course atau lapisan permukaan merupakan tempat peletakkan material perkerasan jalan yang paling atas. Lapisan ini berfungsi untuk lapisan yang rapat air, lapisan aus atau wearing course dan sekaligus menahan beban tekanan dari beban yang ada diatasnya.

Dari empat struktur lapisan perkerasan jalan diatas semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jadi mulai dari sekarang yuk bangun infrastruktur jalan di Indonesia dengan baik dengan berpedoman pada pembangunan jalan raya yang baik.

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?