Perkuatan Jalan Dengan Geocell, Ini Fungsi dan Keunggulannya

Perkuatan Jalan Dengan Geocell, Ini Fungsi dan Keunggulannya

Bagikan Artikel Ini:

Perkuatan jalan dengan Geocell, ini fungsi dan keunggulannya untuk meningkatkan daya dukung tanah untuk jalan yang lebih kokoh.

Untuk mengenal lebih jauh tentang material Geocell, mari simak informasi selengkapnya apa saja fungsi serta keunggulan dari material tersebut.

Mengenal apa itu Geocell?

Dikutip dari halaman produk Geocell di CV. Mutu Utama Geoteknik, material Geocell adalah salah satu jenis Geosintetik yang diproduksi dari bahan High Density Polyethylene (HDPE).

Geocell berbentuk lembaran yang disambung dengan ultrasonic welding sehingga membentuk Cellular Confinement Systems (CCS) atau sistem pengekangan berbentuk sel dengan struktur 3 dimensi seperti bentuk sarang lebah.

Geocell diproduksi dengan teknologi canggih dan berstandar nasional Indonesia, digunakan sebagai material perkuatan timbunan dan lereng. Selain untuk material perkuatan jalan, geocell juga sering digunakan untuk material perkuatan pada lereng atau tanggul sebagai Erosion Control & Reclamation atau Retaining Wall.

Fungsi Geocell untuk Perkuatan Jalan

Apa saja fungsi Geocell yang digunakan untuk perkuatan jalan, berikut fungsi utamanya:

  1. Meningkatkan kemampuan drainase tanah dengan maksimal.
  2. Meningkatkan interlocking baik antara material pengisi pada cell yang berdekatan.
  3. Membentuk struktur yang lebih fleksible dan pastinya berguna sekali untuk menahan tanah dengan baik.
  4. Menahan air dan membuat ruput vegetasi tumbuh dengan baik dan cepat diatas permukaan yang keras.

Memiliki fungsi utama untuk perkuatan, Geocell dalam penggunaannya yaitu dengan cara diletakkan di atas lapisan tanah yang sudah dipadatkan. Kemudian, Geocell diperkuat dengan bahan material lainnya seperti tanah, agregat, aspal atau beton.

Geocell dapat digunakan untuk memperkuat dasar jalan dan memperkuat tanah di sekitar jalan. Penggunaan Geocell pada pembangunan jalan baru dapat meningkatkan daya tahan jalan dan mengurangi biaya perawatan jalan.

Keunggulan Geocell untuk Jalan

Apa saja keunggulan Geocell untuk jalan, mari simak berbagai keunggulan utama material tersebut selengkapnya di bawah ini:

  1. Mencegah tergerusnya material isian atau timbunan.
  2. Menahan tanah permukaan pada lereng yang curam dan dapat membantu pertumbuhan vegetasi.
  3. Meningkatkan kapasitas daya dukung tanah pada lokasi dengan beban berat.
  4. Tahan terhadap unsur biologi dan kimia dari tanah.
  5. Mengurangi biaya bahan material secara volume.
  6. Mudah dibongkar pasang dan dapat digunakan kembali.
  7. Tahan lama, dengan usia penggunaan jangka panjang.

Selain itu, keunggulan lain dari Geocell yaitu daya tahan yang tinggi terhadap tekanan. Geocell dapat menahan beban yang lebih besar sehingga dapat mengurangi kerusakan pada jalan.

Geocell memiliki fleksibilitas yang baik sehingga mudah menyesuaikan dengan struktur tanah di sekitar jalan. Selain itu, Geocell juga mudah dipasang dan mempercepat waktu perbaikan jalan.

Demikian beberapa informasi terkait dengan aplikasi pemanfaatan geocell untuk perkuatan jalan untuk daya dukung tanah yang lebih kuat, sehingga mampu menopang beban berat kendaraan.

Sebagai informasi, kami CV. Mutu Utama Geoteknik adalah perusahaan supplier Geocell untuk berbagai proyek di Indonesia. Kami melayani penjulanan, jasa pengiriman dan jasa instalasi geocell yang menjangkau seluruh Indonesia.

supplier geocell untuk jalan

Hubungi tim Marketing Engineering kami untuk informasi penawaran harga Geocell terbaru langsung dari pabrik, melalui halaman kontak kami. terima kasih.

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?