Jenis Jenis Geosintetik, Fungsi, dan Aplikasinya

jenis jenis geosintetik

Bagikan Artikel Ini:

Jenis jenis Geosintetik beserta fungsi dan aplikasinya yang digunakan untuk filtrasi, separasi, stabilisasi, perbaikan dan perkuatan tanah. Yuk mari kita pelajari bersama selengkapnya di Blog CV. Mutu Utama Geoteknik berikut.

Dikutip dari laman wikipedia dan theconstructor.org, Geosintetik adalah berbagai jenis material sintetik untuk lapisan konstruksi tanah yang berfungsi untuk lapis filtrasi, drainase, separasi, perkuatan dan proteksi. 

Untuk mengetahui beragam jenis material tersebut, berikut macam – macam geosintetik beserta penjelasan fungsi dan aplikasi penggunaannya, selengkapnya.

geomembrane

Fungsi Geomembrane

Geomembrane berfungsi sebagai material pelapis kedap air untuk  berbagai jenis kolam atau bak penampungan untuk menjaga air dalam kolam tidak meresap ke dalam tanah. Selain itu geomembrane juga digunakan untuk stabilisasi tanah ekspansif pada perbaikan dan pembangunan jalan. Kemudian geomembrane juga dapat berfungsi untuk menahan biogas.

Aplikasi Geomembrane

Penggunaan geomembrane dapat diaplikasikan pada berbagai jenis proyek perbaikan dan pembuatan kolam limbah, kolam ikan dan tambak, kolam pengendapan, kolam air bersih, saluran dan irigasi, perbaikan dan pembangunan jalan serta penahan biogas.

Fungsi Geotextile

Fungsi geotextile sebagai material perkuatan, anti kontaminasi dan filtrasi. Aplikasinya yaitu digunakan untuk sistem perkuatan tanah pada lereng, lapisan kedap untuk jalan aspal, sebagai pemisah pada material timbunan diatas tanah lunak, stabilasi subgrade jalan raya dan filtrasi pada dibawah permukaan tanah.

Aplikasi Geotextile

Penggunaan geotextile dapat diaplikasikan untuk berbagai proyek perbaikan, perkuatan dan stabilisasi tanah contohnya pekerjaan konstruksi jalan, lapangan olahraga, pembuatan tanggul, pengendalian erosi, pengendalian abrasi, pembuatan sistem drainase dan filtrasi.

geogrid

Fungsi Geogrid

Geogrid berfungsi sebagai material perkuatan tanah atau dalam kalangan kontraktor biasa disebutkan untuk penulangan jalan. Selain itu geogrid banyak juga diaplikasikan untuk perkuatan lereng untuk mencegah erosi permukaan.

Aplikasi Geogrid

Geogrid dapat diaplikasikan pada rekayasa perkuatan lereng, timbunan, stabilisasi subgrade dan perkuatan lapisan beton aspal.

geonet

Fungsi Geonet

Geonet salah satu jenis geosintetik yang berfungsi untuk lapisan drainase dibawah timbunan atau sistem drainase yang searah dan sebidang.

Aplikasi Geonet

Penggunaan geonet sering diaplikasikan pada berbagai proyek konstruksi yang memiliki sistem drainase dibawah permukaan tanah. Contohnya pada konstruksi perbaikan dan pembangunan sanitary landfill, sistem drainase lapangan olaharga dan lain-lain.

geomat

Fungsi Geomat

Geomat adalah material yang berfungsi menstabilkan permukaan tanah pada awal pembentukan lereng dan juga membantu vegetasi tumbuh sekaligus menahan benih tanaman serta tanah yang telah dimasukkan kedalamnya.

Aplikasi Geomat

Aplikasi penggunaan geomat yaitu digunakan untuk berbagai proyek reklamasi dan selimut pengendali erosi untuk penanaman vegetasi baru pada berbagai jenis pembentukan lereng. Geomat sering digunakan pada stabilisasi lereng di area jalan, pegunungan, area pertambangan dan lain-lain.

geocell

Fungsi Geocell

Geocell merupakan salah satu jenis geosintetik yang berfungsi untuk menahan dan menstabilkan tanah. Geocell berbentuk jaringan saling mengait sehingga dapat mengekang material timbunan.

Aplikasi Geocell

Penggunaan geocell kini tidak hanya digunakan pada struktur lapisan konstruksi jalan. Saat ini geocell banyak digunakan untuk berbagai proyek perbaikan, pembangunan dan perkuataan lereng atau tanggul untuk mengatasi ketidakstabilan tanah, seperti pada infrastruktur jalan, tebing, kanal bangunan atau lokasi lainnya.

7. Geocomposite

Geocomposite

Fungsi Geocomposite

Geocomposite adalah material kombinasi atau penggabungan antara bermacam-macam geosintetik yang berfungsi sesuai kebutuhan. Kombinasi geocomposite biasanya penggabungan antara geotextile dan geogrid atau geomembrane dengan geonet. Penggabungan antara berbagai macam geosintetik yang disebut geocomposite berfungsi untuk pemisahan, penguatan, penahanan, drainase, dan filtrasi. 

Aplikasi Geocomposite

Penggunaan material geocomposite sangat luas, saat ini aplikasi penggunaannya diantranya untuk material sistem drainase, filtrasi dan perkuatan pada proyek pembuatan sanitary landfill, lapangan olahraga, konstruksi jalan raya dan jalan rel kereta api.

Fungsi Geopipe

Geopipe atau Pipa HDPE dan atau juga lebih dikenal dengan nama HDPE Corrugated Pipe atau Corrugated Perforated Pipe berfungsi untuk mengalirkan air pada sistem aliran dibawah permukaan tanah.

Aplikasi Geopipe

Aplikasi penggunaan Geopipe dapat digunakan pada berbagai proyek perbaikan dan pembangunan instalasi sistem drainase perumahan, gedung, pabrik / idustri, lapangan olahraga dan berbagai jenis lahan lainnya.

Fungsi Geobag

Geobag atau Sanbag atau juga sering disebut karung geotextile merupakan material yang berbentuk seperti karung dipergunakan untuk karung material tanah, pasir dan batuan. Sanbag yang sudah terisi material tersebut dipergunakan untuk perkuatan dan perlindungan terhadap abrasi gelombang pantai dan penahan tanggul yang sungai dengan aliran deras.

Aplikasi Geobag

Geobag dapat diaplikasikan untuk berbagai proyek seperti pembuatan tanggul sementara dan permanen, perkuatan lereng, pengendalian erosi, pengendalian abrasi dan pemecah gelombang ambang rendah (PEGAR).

 

drainage cell

Fungsi Drainage Cell

Drainage Cell adalah material untuk pembuatan sistem drainase dibawah permukaan dan dalam tanah, dinding, basement, roof garden, roof top, lapangan olahraga, lapangan golf dan dapat diaplikasikan sesuai dengan kebutuhan.

Aplikasi Drainage Cell

Drainase Cell sering diaplikasikan pada proyek pembuatan sistem drainase pada dinding penahan tanah, basement, terowongan, roof top, roof garden, lapangan olahraga (drainase lapangan bola, golf) dan tempat parkir bawah tanah untuk menjaga kelembaban tanah.

Dikutip dari Kementerian PUPR, material Geosintetik kini sudah banyak diaplikasikan penggunaannya untuk berbagai proyek infrastruktur pembangunan dan perbaikan dan perkerasan jalan, bendungan, stabilisasi lereng. Namun tidak hanya pada infrastruktur tersebut, penggunaan geosintetik kini sudah semakin luas lagi seperti pada pertambangan, pertanian, perkebunan, perikanan dan sumber daya air.

Dari macam – macam geosintetik yang sudah kita jelaskan diatas adalah jenis dari material yang digunakan dalam rekayasa geoteknik menggunakan material geosinteik untuk perbaikan dan perkuatan tanah. Jika kamu ingin mengetahui lebih detail lagi silahkan mengunjungi halaman berikut produk geosintetik.

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?