Perkuatan Lereng Dengan Geogrid Untuk Penulangan Tanah

Perkuatan Lereng Dengan Geogrid Untuk Penulangan Tanah

Bagikan Artikel Ini:

Perkuatan Lereng dengan Geogrid untuk penulangan tanah dengan cara berlapis di dalam tanah untuk konstruksi lereng yang curam. Kenapa harus menggunakan Geogrid pada lereng yang curam, simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Apa itu Geogrid?

Pengertian Geogrid adalah material sintetik yang berbentuk seperti jaring yang memiliki kemampuan kuat tarik dan geser yang tinggi. Geogrid dibuat dari bahan High Density Polyethylene (HDPE).

Jenis Geogrid terdiri dari tiga jenis bentuk yaitu dengan lubang persegi panjang, dengan lubang berbentuk persegi dan lubang berbentuk segitiga.

Fungsi Geogrid Pada Perkuatan Lereng

Dikutip dari halaman pengembangan teknik perkuatan Geogrid pada longsoran badan jalan di Simantu Kementerian PUPR, berikut fungsi Geogrid untuk perkuatan lereng, dinding penahan tanah dan timbunan.

Perkuatan Sisi Lereng Yang Curam Menggunakan Geogrid untuk Penulangan Tanah

  1. Perkuatan sisi lereng (reinforcement) yaitu sebagai penulangan tanah dengan cara berlapis di dalarn tanah untukmemperoleh konstruksi lereng yang lebih curam.
  2. Geogrid dipergunakan sebagai konstruksi penulangan tanah pada konstruksi seperti dinding penahan tanah, lereng yang curam, sebagai blok dinding penahan tanah dan lereng serta mencegah kelongsoran lereng.
  3. Geogrid berfungsi untuk penulangan tanah dengan membuat lapisan – lapisan tanah yang dibungkus geogrid untuk memperoleh suatu konstruksi komposit.

Keunggulan Geogrid untuk Lereng

Dikutip dari halaman produk Geogrid di CV. Mutu Utama Geoteknik, material Geogrid memiliki beberapa keunggulang utama untuk penulangan tanah yang diaplikasikan pada dinding penahan tanah.

  1. Kekuatan tinggi pada pembebanan jangka panjang
  2. Kuat tarik tinggi pada elongasi rendah akibat dari perilaku rangkak yang rendah
  3. Interlocking yang sangat baik
  4. Ketahanan terhadap sinar UV
  5. Ketahanan biologi dan kimia sangat baik

Demikian informasi terkait dengan perkuatan lereng menggunakan Geogrid yang berfungsi untuk penulangan tanah berlapis untuk sisi lereng yang curam, pada berbagai konstruksi penahan tanah seperti pada badan jalan, jalan kereta api, jalan tol, tanggul dan berbagai proyek stabilisasi lereng lainnya.

Sebagai informasi, kami CV. Mutu Utama Geoteknik adalah perusahaan supplier Geogrid di Indonesia yang menyediakan berbagai jenis material Geogrid sesuai dengan kebutuhan proyek Anda.

Untuk bisa terhubung dan berkonsultasi dengan kami, silahkan hubungi tim Marketing Engineer kami melalui halaman kontak kami via Telepon, Whatsapp atau Email. Terima Kasih

jual geogrid

 

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?