Pengertian dan Fungsi Plastik Cor

Pengertian dan Fungsi Plastik Cor - CV Mutu Utama Geoteknik

Bagikan Artikel Ini:

Fungsi plastik cor digunakan untuk alas cor beton, baik untuk pengecoran jalan, bangunan dan infrastruktur lainnya. Plastik cor terbuat dari bahan plastik khusus untuk teknologi pengecoran yang baik.  Dalam penggunaanya lebih sering dimanfaatkan untuk melapisi pada bagian dasar lantai yang telah di cor.

Dan saat ini telah banyak hadir berbagai jenis komponen terbaru. Yang mana dengan adanya kecanggihan teknologi telah merambah pada berbagai komponen atau faktor bahan bangunan pada proyek-proyek besar. Salah satunya adalah plastik cor.

Material ini merupakan salah satu bahan material pendukung, yang kebanyakan telah diaplikasikan pada proses pengecoran bangunan. Untuk mencegah perembesan air ke semen secara langsung. Bahkan material ini hadir dengan berbagai ukuran plastik cor. Yang mana ukuran plastik cor beton nantinya akan berpengaruh pada harga plastik cor beton.

Bahan bangunan satu ini dijadikan sebagai pelapisan, yang mana berguna mencegah adanya perembesan air secara langsung ke dalam semen. Jika pada lantai dasar konstruksi tidak diberikan sebuah pelapisan. Maka air semen yang ada nantinya akan sangat mudah untuk bersentuhan langsung dengan tanah. Dengan bahan penyusunnya yang bagus, bertujuan agar konstruksi yang dibuat kuat dan tidak rawan roboh.

Jenis plastik ini tidak dapat disamakan atau bahkan diganti dengan jenis plastik lainnya. Dikarenakan bahan penyusunnya adalah polyextract. Yang mana sifatnya sangat ramah lingkungan dan pastinya keunggulannya jauh berbeda dengan plastik beton. Tak heran banyak orang yang menggunakan jenis plastik ini untuk keperluan pembangunan.

Menjadi bahan pelapis yang tahan air dan mampu membentuk sebuah pondasi yang kokoh. Sifatnya yang sangat elastis dapat membantu dan mempermudah para pekerja untuk menggunakannya. Bahkan ketebalannya sendiri juga dapat dijadikan sebagai jaminan kualitas yakni berkisar antara 0,05 sampai 0,1 mm.

Kegunaan Plastik Cor

Kegunaannya dari material satu ini terbilang banyak sekali. Termasuk ke dalam jenis bahan yang LLDPE atau Linear Low Density Polyethylene.

1. Untuk Alas Cor Beton

Kegunaan plastik cor yang pertama yaitu digunakan sebagai alas cor beton. Plastik cor digunakan agar material cor tidak tercampur dengan tanah yang menyebabkan air masuk kedalam pori-pori beton.

2. Membungkus Barang Besar

Umumnya, plastik ini sering dipakai dan digunakan untuk membungkus barang-barang besar. Dikarenakan memiliki ukuran dan lebar yang sangat besar, tak menutup kemungkinan bahwa jenis plastik ini dapat digunakan untuk membungkus berbagai peralatan atau barang yang besar.

3. Untuk Pembangunan Jalan

Selanjutnya dapat digunakan untuk proyek pembangunan jalan. Jenis plastik ini dapat digunakan untuk alas atau lantai kerja yang berhubungan dengan tanah. Sama dengan fungsi utamanya adalah untuk menahan air semen agar tidak keluar merembes ke dalam tanah. Bahkan dapat digunakan untuk menutupi pada bagian atas proyek agar tidak rusak.

4. Sebagai Kantong

Untuk kegunaannya yang terakhir adalah dapat dijadikan sebagai kantong. Pada industri pabrik, lebih sering digunakan sebagai kantong dikarenakan termasuk ke dalam bahan LLDPE yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Pilihan Warna Plastik Alas Cor

Untuk kebutuhan pemilihan warna plastik umumnya di Indonesia ada tiga pilihan warna yaitu warna bening, atau transparan, hijau dan kuning. Berikut beberapa pilihan warna tersebut, bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

jual plastik cor hijau

jual plastik cor biru

jual plastik cor bening

Plastik jenis ini memberikan banyak kelebihan dalam penggunaannya dan pengaplikasiannya. Mulai dari segi harga materialnya yang jauh lebih murah dibanding pelapis jenis lainnya. Meskipun murah tetapi kualitas yang diberikan tidak perlu diragukan.

Dibandingkan harus menggunakan cor beton yang berkualitas sangat rendah. Selain itu, untuk waktu pemasangannya juga jauh lebih cepat. Dikarenakan hanya perlu dihamparkan saja pada lantai yang akan dilakukan pengecoran. Bahkan pengadaan material plastik tergolong sangat mudah untuk didapatkan dan dalam penyimpanannya sangat simpel dan tidak ribet.

Kami akan memberikan harga terbaik dan jaminan standar kualitas yang terpenuhi untuk semua pelanggan kami. Jadi tunggu apalagi? Ayo konsultasikan kebutuhan anda! karena kami siap membantu dan memberikan solusi terbaik untuk kebutuhan anda. Sekian artikel tentang pengenalan material plastik alas cor dari kami, terimaksih telah mengunjungi artikel kami. Ditunggu untuk artikel – artikel selanjutnya 🙂

supplier plastik cor indonesia

fungsi plastik cor untuk alas cor beton

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?