Proyek Pemasangan Geomembrane di TPA Pantai Parangkusumo

Proyek Pemasangan Geomembrane di TPA Pantai Parangkusumo

Bagikan Artikel Ini:

Proyek Pemasangan Geomembrane di Pantai Parangkusumo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta untuk Pelapis Kedap (Geosynthetic Clay Liner) di Penampungan Sampah atau juga dikenal sebagai Sanitary Landfill.

Sebagai informasi kami CV. Mutu Utama Geoteknik telah dipercaya oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul (DLH Bantul)sebagai perusahaan yang mensuplai Geomembrane sekaligus aplikator pemasangan Geomembrane untuk lapisan kedap air atau Geosynthetic Clay Liner (GCL) pada proyek pembuatan kolam penampungan sampah Pantai Parangkusumo, Kabupaten Bantul, Provinsi Yogyakarta.

Lalu apa saja kegunaan atau fungsi pemasangan Geomembrane pada kolam penampungan sampah di Pantai Parangkusumo, simak informasinya berikut.

geomembrane untuk pelapis kedap air di penampungan sampah

Fungsi Geomembrane untuk Kolam Penampungan Sampah

Apa saja sih fungsi dan kegunaan Geomembrane untuk kolam penampungan sampah di Pantai Parangkusumo, berikut fungsi utamanya:

1. Pelapis Kedap Air

Agar kolam penampungan sampah tidak mencemari lingkungan akibat air lindi yang dihasilkan oleh sampah, pemasangan Geomembrane untuk pelapis kedap air perlu dipasang untuk menahan air lindi tidak masuk ke dalam tanah.

Tujuan dari pemasangan Geomembrane yaitu agar air lindi dalam kolam penampungan sampah yang didalamnya terdapat berbagai senyawa organik antara lain asam sulfat, hidrokarbon, galat dan tanat tidak mencemari tanah dan air sekitar.

Selain kandungan senyawa organik, pada kolam penampungan sampah terdapat juga kandungan anorganik yang terdiri dari kalsium, natrium, nitrogen, kalium, magnesium, dan beragam senyawa logam berat yang berbahaya jika masuk ke dalam tanah sehingga bisa mencemari lingkungan.

Sehingga dengan pemasangan Geomembrane pada kolam penampungan sampah di Pantai Parangkusumo dapat menghindari pencemaran lingkungan sekitar.

2. Penutup Sampah dan Penahan Biogas

Selain sebagai pelapis kedap air pada kolam penampungan sampah, geomembrane juga dapat diaplikasikan untuk penutup tumpukan sampah pada kolam sampah. Sebelum dilakukan penutupan, tumpukan sampah tersebut dipadatkan terlebih dahulu dengan alat berat.

Kemudian barulah kolam penampungan sampah ditutup geomembrane untuk menahan biogas agar tidak mencemari udara. Penutupan sampah pada landfill sekaligus berfungsi untuk mempercepat pembusukan sampah, sehingga dapat dilakukan revilitasi atau penghijauan kembali pada bekas timbunan sampah pada tempat pembuangan sampah tersebut.

Keunggulan Geomembrane untuk Lapisan Kedap Pada TPA

Material Geomembrane memiliki keunggulan utama diantaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Kedap Air dan Udara
  2. Tahan Terhadap Paparan Sinar Ultraviolet (UV)
  3. Tahan Terhadap Cairan/Zat Kimia
  4. Perawatan Mudah dan Tahan Lama

Demikian tekait informasi proyek pemasangan Geomembrane untuk Pantai Parangkusumo. Sebagai informasi, kami CV. Mutu Utama Geoteknik adalah perusahaan supplier Geomembrane melayani konsultasi, penjualan, pengiriman dan jasa aplikator Geomembrane yang menjangkau seluruh Indonesia. Simak juga portofolio pekerjaan proyek kami lainnya di seluruh Indonesia.

jasa instalasi geomembrane untuk TPA penampungan sampah

Untuk bisa terhubung dengan kami, silahkan hubungi tim Marketing Engineer kami melalui halaman kontak kami. Terima kasih.

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?