Sandbag adalah Karung Geotextile untuk Perkuatan

Sandbag adalah karung geotextile untuk perkuatan dan perlindungan - cv mutu utama geoteknik

Bagikan Artikel Ini:

Sandbag atau geobox atau karung geotextile merupakan material yang memiliki fungsi dan manfaat yang beragam. Apa itu sandbag, fungsi dan berapa harga sandbag, berikut informasi selengkapnya.

Apa itu Sandbag?

Sandbag adalah karung yang terbuat dari material geotextile non woven yang memiliki beragam fungsi dan manfaat. Sandbag atau Geobag menjadi material yang banyak digunakan oleh kontraktor untuk berbagai proyek perkuatan dan perlindungan tanah. sandbag-adalah-karung-geotextile-untuk-perkuatan-dan-pembuatan-tanggul

Fungsi Sandbag

Fungsi sandbag adalah sebagai material untuk membungkus material berupa pasir, tanah atau batuan. Sandbag yang sudah terisi material tersebut dapat digunakan untuk berbagai keperluan dalam pekerjaan proyek perkuatan tanah, perlindungan dan pengendalian, berikut penjelasan fungsi selengkapnya.

1. Pengendalian Abrasi

Sandbag disusun dibagian bibir pantai untuk material perlindungan atau pengendali abrasi pantai.

2. Pengendalian Erosi

Pemasangan sandbag pada berbagai lokasi yang rawan terjadinya erosi, seperti area sungai atau daerah yang dilalui aliran air.

3. Pembuatan Tanggul

Pembuatan tanggul dengan sandbag biasa digunakan untuk penanganan banjir, luapan sungai, tanggul jebol dan lainnya.

4. Pemecah Gelombang

Sandbag juga digunakan untuk pembuatan konstruksi pemecah gelombang ambang rendah atau PEGAR untuk menghambat jalannya ombak.

5. Perkuatan Lereng

Pemasangan sandbag pada berbagai lokasi lereng, dapat melindungi lereng-lereng jalan raya, jalan rel kereta api dari longsor.

6. Perkuatan Tebing Sungai

Sandbag juga dapat diaplikasikan pada tebing sungai yang berfungsi sebagai material perkuatan tebing sungai agar tidak mudah longsor.

7. Perlindungan Pantai

Untuk melindungi pantai dari berbagai abrasi dan gerusan air laut, sandbag dapat disusun sebagai material pelindung pantai.

8. Revetment Pantai

Dalam pembangunan revetment pantai, sandbag atau geobag dapat diaplikasikan untuk berbagai sarana pendukung bangunan pelindung pantai.

Ukuran Sandbag

Ada berbagai jenis ukuran sandbag atau geobag, ukuran tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan saat dilapangan. Namun umumnya ukuran sandbag yang banyak dibutuhkan yaitu ukuran 2,4 x 1,45. Untuk kebutuhan tertentu, ukuran sandbag juga bisa dicustom atau ukuran dapat disesuaikan dengan kebutuhan proyek di lapangan.

Berapa Harga Sanbag?

Untuk mengetahui harga sandbag atau geobag, hubungi kami CV. Mutu Utama Geoteknik merupakan supplier sandbag dengan harga terbaik. Kami melayani penawaran harga sandbag sesuai dengan kebutuhan proyek Anda. Selain ukuran, harga bisa kami sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Hubungi kami melalui kontak Whatsapp berikut atau dihalaman kontak kami.  

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?