Terpal HDPE untuk Tambak Udang, Ini Keuntungan dan Keunggulannya

Terpal HDPE untuk Tambak Udang, Ini Keuntungan dan Keunggulannya

Bagikan Artikel Ini:

Terpal HDPE untuk Tambak Udang, Ini Keuntungan dan Keunggulannya Yang Bisa Dirasakan Oleh Pelaku Usaha Petambak Udang Modern.

Mengenal apa itu Terpal HDPE

Terpal HDPE atau yang biasa disebut dengan Geomembrane atau Terpal Geomembrane adalah material yang diproduksi dengan bahan khusus yaitu bahan plastik Polietilena berdensitas tinggi (HDPE).

ULTIMATE Geomembrane

Terpal HDPE memiliki banyak keunggulan yaitu impermeabilitas yang tinggi, fleksibel, kuat, anti robek, tahan terhadap suhu tinggi (sinar ultraviolet), anti retak, anti rapuh dan anti pecah.

Seperti yang kami kutip dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), material Geomembrane juga diaplikasikan pada Tambak Budidaya Udang Berbasis Kawasan (BUBK) Kebumen.

Keunggulan Terpal HDPE untuk Tambak

Apa saja keunggulan material terpal HDPE yang diaplikasikan pada kolam budidaya udang Anda, berikut berbagai kunggulan utamanya.

  1. Geomembrane memiliki impermeabilitas yang tinggi atau tahan terhadap rembesan air, sehingga air didalam kolam tetatp terjaga volumenya.
  2. Geomembrane yang dipasang untuk kolam ikan tahan terhadap sinar ultraviolet atau sinar matahari langsung. Sehingga kolam ikan tahan lama tidak mudah rusak.
  3. Pemasangan geomembrane untuk kolam ikan mudah dan praktis. Anda memasang sendiri jika ukuran kolam ikan Anda cukup kecil. Namun untuk ukuran yang lebih besar atau tambak, Anda juga bisa menggunakan layanan jasa pemasangan geomembrane.
  4. Penggunaan geomembrane lebih praktis dan ekonomis. Karena dengan menggunakan geomembrane untuk tambak ikan atau udang, Anda tidak perlu perawatan extra.
  5. Kolam ikan atau tambak udang yang menggunakan geomembrane dapat membantu meningkatkan produksi panen. Karena kolam yang sudah dilapisi geomembrane akan menjaga kualitas air yang lebih baik.

Keuntungan Petambak Udang Yang Menggunakan Terpal HDPE

Berikut berbagai keuntungan yang bisa dirasakan oleh pengusaha, petani atau petambak udang vaname modern jika memanfaatkan terpal hdpe untuk pelapis kolam tambak budidaya tersebut.

1. Memudahkan Perawatan Kolam

Jika kolam tanah perawatan antarmusim budidaya hingga 30 hari, dengan kolam geomembrane cukup membutuhkan waktu satu mingguan.

2. Menjamin Kualitas Air Yang Baik

Pelapisan geomembrane pada kolam, akan membantu meminimalisir kekeruhan air akibat tercampurnya tanah dan kotoran udang. Berbeda dengan kolam tanah, pasti akan lebih mudah kotor. Selain itu pembersihan dasar dan dinding kolam selama budidaya lebih mudah dilakukan.

3. Meningkatkan Padat Tebar Benih Udang

Dengan kolam yang bersih dan luas tentu akan membantu meningkatkan kapasitas tebar benih dan daya tampung kolam meningkat.

4. Mempercepat Proses Daur Hara

Proses daur hara lebih singkat dikarenakan tidak ada elemen tanah di dalam kolam, sehingga mempercepat proses daur hara (daur nutrien).

Demikian informasi yang kami rangkum terkait dengan pemanfaatan terpal HDPE pada tambak udang modern atau yang biasa disebut dengan Terpal Geomembrane.

Sebagai informasi, kami CV. Mutu Utama Geoteknik merupakan perusahaan supplier terpal HDPE atau Geomembrane di Indonesia.

Kami melayani konsultasi pemilihan material, jasa pengiriman dan jasa instalasi geomembrane untuk berbagai kebutuhan seperti pembuatan tambak udang atau ikan.

Jasa Pemasangan Geomembrane

Untuk informasi pengadaan material geomembrane, Anda bisa menghubungi tim Marketing Engineer kami melalui halaman kontak kami.

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?