TPA Jogja Bangun Tampungan Sampah Baru Gunakan Geomembrane

TPA Jogja Bangun Tampungan Sampah Baru Gunakan Geomembrane

Bagikan Artikel Ini:

TPA Jogja bangun tampungan sampah baru gunakan Geomembrane untuk melapisi tanah agar sampah dan air lindi tidak mencemari air dan lingkungan sekitar.

Dikutip dari berbagai media berita lokal maupun nasional seperti dalam unggahan Instagram Humas Jogja, kini pemerintah daerah istimewa Yogyakarta sedang menyiapkan berbagai langkah untuk mengatasi penumpukan sampah di Yogyakarta.

Salah satu langkah untuk mengatasi penumpukan sampah diberbagai lokasi di Yogyakarta, kini Pemda DIY sudah menyiapkan menyiapkan tempat penampungan sampah sementara di daerah Cangkringan, Sleman menggunakan lapisan kedap air dengan Geomembrane.

Tempat penampungan sampah sementara di Cangkringan tersebut, disiapkan karena dampak penutupan sementaran TPA Piyungan yang penuh, namum saat ini juga sudah berlangsung proyek pembangunan Sanitary Landfill atau tempat penampungan sampah akhir yang baru dengan menggunakan material Geomembrane untuk lapisan kedap air agar tidak mencemari lingkungan.

Pemasangan Geomembrane di TPA Jogja

Berikut dokumentasi beberapa lokasi penampungan sampah di TPA atau TPST di Piyungan Jogja yang dikerjakan oleh CV. Mutu Utama Geoteknik selaku supplier dan aplikator material Geosintetik seperti Geomembrane, Geotextile dan Geopipe.

Mengenal apa itu Geomembrane

Geomembrane adalah material sintetik yang diproduksi dari bahan High Density Polyethylene (HDPE)kelas tinggi yang memiliki kekuatan dan daya tahan yang telah teruji.

Material Geomembrane juga sudah teruji di laboratorium dan mengikuti standar nasional Indonesia, antara lain memiliki kekuatan tarik, kekuatan terhadap tusukan, sobekan, kemuluran, dan juga ketahanan terhadap mikroorganisme, bakteri, jamur dan bahan-bahan kimia.

Fungsi Geomembrane Yang Terpasang di TPA Jogja

Apa saja fungsi Geomembrane yang dipasang pada TPA Jogja? Secara umum pemasangan geomembrane pada lubang penampungan sampah digunakan untuk melapisi tanah atau lapis kedap air dan udara agar tanah dan air sekitar penampungan tidak tercemar oleh limbah, zat cair dan mikroorganisme yang berbahaya bagi lingkungan.

Dengan pemasangan Geomembrane dilapisan bawah, dinding penampungan sampah bertujuan agar air limbah sampah (air lindi) dapat dikumpulkan dan dialirkan menuju tampungan kolam limbah yang nantinya dapat dinetalisir atau dimanfaatkan untuk pembuatan biogas.

Seperti yang kami kutip dari halaman Pemda DIY, pemasangan Geomembrane pada penampungan sampah bertujuan agar air lindi tidak mencemari lingkungan sekitar.

Keunggulan Geomembrane

Apa saja keunggulan dan kelebihan Geomembrane yang dipasang pada tempat penampungan sampah yang dipasang pada Sanitary Landfill atau TPA (TPST), berikut diantaranya:

  1. Material Geomembrane juga memiliki kekuatan tarik, kekuatan terhadap tusukan, sobekan dan kemuluran yang tinggi.
  2. Geomembrane memiliki keunggulan kedap air, gas maupun udara.
  3. Material tersebut juga memiliki ketahanan terhadap paparan sinar matahari atau sinar ultraviolet.
  4. Material geomembrane juga tahan berbagai jenis zat kimia.
  5. Bahan tersebut bisa digunakan hingga jangka waktu yang lama.
  6. Memiliki ketahanan terhadap mikroorganisme, bakteri dan jamur.

Demikian informasi terkait penggunaan Geomembrane pada beberapa lokasi tempat pembuangan sampah di Yogyakarta, untuk menghindari pencemaran lingkungan berupa pencemaran tanah dan air di sekitar TPA.

Sebagai informasi, kami CV. Mutu Utama Geoteknik adalah perusahaan yang ditunjuk sebagai supplier dan jasa aplikator Geomembrane dan material geosintetik lainnya di beberapa lokasi penampungan sampah di Piyungan Jogja.

Jika Anda membutuhkan informasi terkait konsultasi dan permintaan penawaran harga material Geomembrane maupun jasa pemasangan geomembrane untuk proyek TPA atau TPST Anda di seluruh Indonesia, silahkan hubungi tim Marketing Engineer kami melalui halaman kontak kami. terima kasih.

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?