TPST Cilacap Gunakan Teknologi Refuse Derived Fuel (RDF)

TPST-Cilacap-Gunakan-Teknologi-Refuse-Derived-Fuel-_RDF_

Bagikan Artikel Ini:

TPST Cilacap Gunakan Teknologi Refuse Derived Fuel (RDF) untuk Meningkatkan Kualitas Lingkungan Sekaligus Menghasilkan Bahan Bakar Alternatif Penganti Bahan Bakar Fosil (Batubara).

Mengenal apa itu Teknologi Refuse Derived Fuel (RDF)

Dikutip dari halaman DLH Kabupaten Cilacap, konsep pengolahan sampah RDF di TPST Jeruk Legi di Cilacap sebagai tempat pengolahan sampah modern menjadikan sampah sebagai sumber energi terbarukan penganti batu bara untuk bahan bakar alternatif kilang semen/tungku pabrik semen.

Dikutip juga dari halaman Dirjen Cipta Karya, pembangunan TPST Jeruk Legi berbasis RDF dilatarbelakangi masalah pengelolaan persampahan di Kabupaten Cilacap. TPA Jeruk Legi lama yang merupakan TPA terbesar di Cilacap akan segera habis masa layanannya, sehingga perlu dicari metode alternatif pengelolaan sampahnya.

pah-dalam-penyelanggaraan-tpst-rdf-di-cilacap

alur-pengolahan-sampah-menjadi-rdf

TPST Jeruk Legi memiliki kapasitas pengolahan 200 ton sampah/hari, saat ini baru dimanfaatkan untuk mengolah sampah sebesar 150 ton/hari untuk melayani 14 kecamatan.

Hasil dari pengolahan sampah berupa RDF sebesar 60 ton/hari yang dibeli oleh pabrik semen PT Solusi Bangun Indonesia (SBI) sebagai offtaker, memanfaatkan sampah hasil pemilahan, pencacahan dan pengeringan sebagai bahan bakar pengganti batu bara. Pengoperasian TPST ini turut berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk Cilacap.

Selain itu, dengan sistem RDF ini, pengolahan sampah TPST Jeruk Legi diyakini jauh lebih baik dan efisien, karena tidak memerlukan lahan yang luas sebagai penampungan sampah jika dibandingkan dengan sistem pengelolaan sampah atau penimbunan sampah terbuka (open dumping) yang menggunakan pelapis kedap berupa material Geomembrane untuk mencegah pencemaran lingkungan.

Selain itu, juga lebih dapat meminimalisir dampak pencemaran lingkungan karena prinsip dari pembangunan TPST ini adalah mengedepankan konsep ramah lingkungan dengan mengurangi aroma tidak sedap melalui pengeringan.

Demikian informasi TPST Cilacap yang menggunakan teknologi Refuse Derived Fuel (RDF) untuk meningkatkan kualitas lingkungan, sekaligus unuk menghasilkan bahan bakar alternatif penganti bahan bakar fosil (batubara).

Sebagai informasi juga, kami CV. Mutu Utama Geoteknik merupakan perusahaan supplier geomembrane yang sudah banyak diaplikasikan untuk revitalisasi atau pembangunan TPST di Indonesia.

Untuk permintaan penawaran harga Geomembrane dan jasa pemasangan Geomembrane silahkan menghubungi tim Marketing Engineer melalui halaman kontak kami. Terima kasih.

Jasa Pemasangan Geomembrane

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?