Aplikasi Geomembrane untuk Penahan Biogas Metana

Aplikasi Geomembrane untuk Penahan Biogas Metana

Bagikan Artikel Ini:

Aplikasi Geomembrane untuk penahan biogas atau gas metana dapat menjadi solusi terbaik untuk mengurangi pencemaran udara sekaligus menjadi sumber energi alternatif bagi perusahaan maupun masyarakat.

Pemanfaatan Geomembrane sebagai penahan gas metana dapat diaplikasikan untuk berbagai kolam limbah terbuka seperti kolam limbah sampah rumah tangga, limbah pabrik sawit (pertanian), limbah kotoran hewan dan lain-lain.

Biogas atau gas metana yang dikumpulkan dengan cara menutup kolam limbah menggunakan Geomembrane, dapat menjadi energi alternatif sebagai bahan bakar boiler, turbin bahkan ada juga yang digunakan untuk gas kompor rumah tangga.

Mengenal Geomembrane

Geomembrane adalah material lapis kedap air dan udara yang dibuat dari bahan High Density Polyethylene (HDPE) atau Low Density Polyethylene (LDPE) kelas tinggi. Fungsi Geomembrane yaitu digunakan sebagai lapisan kedap pada kolam air atau penampungan zat cair lainnya. Namun karena memiliki sifat kedap air dan udara, geomembrane juga banyak digunakan sebagai material penahan biogas atau penutup kolam limbah yang menghasilkan gas metana.

Keunggulan Geomembrane

Material geomembrane selain kuat dan fleksibel, ternyata banyak memiliki keunggulan lainnya, berikut beberapa keunggulan geomembrane sebagai lapis kedap untuk penahan biogas.

  1. Kedap Air dan Udara
  2. Tahan Terhadap Paparan Sinar Ultraviolet (UV)
  3. Tahan Terhadap Cairan/Zat Kimia
  4. Perawatan Mudah dan Tahan Lama
  5. Tidak mudah sobek, berlubang, rapuh dan retak

Contoh Aplikasi Geomembrane untuk Penahan Biogas

1. Pilot Plant Project Pembangkit Listrik Tenaga Biogas berbahan baku limbah cair pabrik kelapa sawit (PLT Biogas POME) di area Pabrik Kelapa Sawit PTPN V di Riau.

Proyek Geomembrane untuk Penahan Biogas Limbah Sawit
Aplikasi Geomembrane di area Pabrik Kelapa Sawit PTPN V di Riau. Sumber: BRIN

2. Musim Mas Group memanfaatkan Geomembrane sebagai penahan biogas dari pengolahan limbah sawit cair dan mengolahnya menjadi pembangkit listrik.

Pembangkit Listrik Tenaga Biogas sawit (PLTBg) di pabrik kelapa sawit (PKS) Batang Kulim
Pembangkit Listrik Tenaga Biogas sawit (PLTBg) di pabrik kelapa sawit (PKS) Batang Kulim. Sumber: Detik Finance

Diatas merupakan beberapa contoh proyek pemanfaatan material Geomembrane untuk penahan biogas atau gas metana dari limbah pabrik sawit. Selain pabrik pengolahan sawit, masih banyak pemanfaatan geomembrane sebagai penahan gas, seperti limbah peternakan, tempat pembuangan sampah (TPA, TPST, Sanitary Landfill).

Sebagai informasi, kami CV. Mutu Utama Geoteknik merupakan supplier Geomembrane Indonesia. Melayani konsultasi pemilihan produk Geomembrane untuk penahan biogas dan lapis kedap. Kami melayani jasa pengiriman dan jasa instalasi geomembrane dengan peralatan dan teknisi profesional yang menjangkau seluruh Indonesia.

Hubungi kami CV. Mutu Utama Geoteknik melalui halaman kontak kami atau kontak langsung dengan tim Marketing Engineering kami melalui Whatsapp yang tertera di halaman website kami ini. Terima kasih

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?