Jenis Sheet Pile (Turap) Berdasarkan Bahannya

jenis sheet pile

Bagikan Artikel Ini:

Jenis Sheet Pile atau yang biasa juga dikenal dengan nama Turap jika dibedakan berdasarkan bahan pembuatnya ada tiga macam. Apa saja macam-macam turap yang biasa digunakan untuk membuat dinding penahan tanah baik sementara atau permanen ini, simak ulasan selengkapnya.

1. Sheet Pile Baja

Sheet pile baja atau steel sheet pile merupakan salah satu jenis turap yang diproduksi dari bahan baja pilihan dan berkualitas tinggi. Penggunaan turap baja sering diaplikasikan untuk berbagai proyek pembuatan dinding penahan tanah.

sheet pile baja, turap baja

Beberapa contoh penggunaan turap baja yaitu untuk penahan konstruksi jalan,  reklamasi pantai, pemecah gelombang, dinding pelindung dermaga, perkuatan tanggul, perkuatan lereng untuk penanganan tanah longsor dan berbagai jenis konstruksi yang membutuhkan dinding penahan tanah secara permanen atau sementara.

Turap baja menjadi jenis sheet pile yang paling populer untuk dijadikan material dinding penahan tanah, selain kuat, turap baja mudah dalam pemasangan atau pemancangannya. Keunggulan lainnya yaitu jika digunakan untuk dinding penahan tanah diarea perairan air tidak mudah rembes atau bocor ke dalam area kerja atau konstruksi.

jual steel sheet pile turap baja

Sebagai informasi kami CV. Mutu Utama Geoteknik merupakan supplier sheet pile baja dengan beragam pilihan ukuran atau modulus sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk informasi penawaran harga, pembelian, jasa pengiriman silahkan hubungi kami melalui halaman kontak kami atau melalui tim Marketing Engineering kami melalui Whatsapp.

2. Sheet Pile Beton

Sheet pile yang dicetak dari beton bertulang ini memiliki beragam bentuk dan ukuran yang bisa disesuaikan dengan konstruksi. Turap beton banyak diaplikasikan untuk beragam kebutuhan proyek untuk dinding penahan tanah.

sheet pile beton

Menurut Wika Beton, fungsi sheet pile beton yaitu untuk material pembuatan dinding penahan tanah seperti tebing sungai, jalan raya tebing galian untuk proyek basement. Selain itu turap beton juga digunakan dinding penahan di proyek area pelabuhan seperti dinding dermaga dan dok kapal.

Namun turap beton memiliki banyak kekurangan diantaranya sulit dalam pemasangannya, selain itu turap berbahan beton ini sering mengalami kebocoran air atau rembes jika dipasang pada proyek perairan.

3. Sheet Pile Kayu

Sheet pile kayu yaitu berbagai jenis kayu yang berbentu papan, balok dan gelondongan difungsikan untuk pembuatan turap atau dinding penahan tanah.

turap kayu

Penggunaan kayu untuk turap ini biasanya hanya digunakan sebagai dinding penahan tanah sementara. Karena sifat kayu yang mudah rapuh, patah dan membusuk menjadikan jenis turap dari kayu ini tidak diproduksi oleh pabrik, melainkan bisa mengambil langsung dari lingkungan sekitar.

Demikian beragam informasi jenis – jenis sheet pile yang dibedakan berdasarkan jenis bahanya untuk beragam kebutuhan pembuatan dinding penahan tanah baik permanen atau sementara.

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?