Curing Beton, Lebih Ekonomis Dengan Geotekstil

Curing Beton, Lebih Ekonomis Dengan Geotekstil

Bagikan Artikel Ini:

Curing Beton, lebih ekonomis dan praktis dengan Geotekstil (Geotextile) untuk mendapatkan mutu beton sesuai dengan standar yang diharapkan. Apa saja fungsinya, berikut penjelasan selengkapnya.

Fungsi Geotekstil Saat Proses Curing Beton

Sebagai informasi, sebelum para kontraktor belum banyak mengenal apa itu Geotekstil dulu, dalam proses perawatan beton setelah pengecoran dan sedikit mengeras, para kontraktor biasanya melakukan proses penutupan permukaan beton yang masih basah dengan karung goni.

Namun dengan perkembangan teknologi teknik sipil maupun konstruksi bangunan kini hadir material untuk perawatan beton setelah pengecoran yaitu material Geotekstil Non Woven. Material geotekstil ini diproduksi dari bahan berupa polypropylene atau polyester yang diproduksi menyerupai karpet dan berpori.

MTEX Curing Beton
MTEX Curing Beton adalah produk geotekstil non woven dari CV. Mutu Utama Geoteknik

Lalu apa saja sih fungsi dari geotekstil non woven pada proses perawatan beton tersebut, berikut informasi fungsinya, yang kami kutip dari halaman fungsi geotekstil non woven saat curing beton.

1. Digunakan untuk Mengontrol Proses Hidrasi

Aplikasi penggunaan Geotekstil non woven untuk penutup beton atau selimut beton saat setelah pengecoran akan membantu memaksimalkan proses hidrasi atau berkurangnya kandungan air dalam beton.

Jika kandungan air dalam beton cepat kering, hal ini akan menurunkan kualitas kekerasan beton saat kering. Sehingga solusinya yaitu menggunakan Geotekstil untuk curing beton agar hilangnya air dalam beton tidak berlangsung cepat, yang dikutip dari halaman

2. Berfungsi untuk Mengontrol Evaporasi

Saat penuangan cor beton pada berbagai proyek seperti jalan tol, gedung atau atap tidak boleh dibiarkan mengering langsung dibawah terik matahari ataupun hujan.

Geotekstil digunakan untuk penutup permukaan beton membantu mengontrol proses evaporasi atau penguapan air yang berada dalam dalam cor beton tersebut. Sehingga proses penguapan air tidak berlangsung cepat, hal ini akan mampu meningkatkan kualitas beton yang baik pada saat kering.

3. Berguna untuk Lapisan Proteksi Beton

Pada proses perawatan beton setelah pengecoran dibutuhkan proteksi permukaan beton menggunakan material yang mampu memproteksi secara langsung dari sinar matahari.

Demikian informasi terkait penggunaan geotekstil untuk mempermudah perawatan beton setelah pengecoran yang jauh lebih ekonomis dibanidngkan dengan berbagai metode lainnya. Semoga bermanfaat.

 

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?