Drainase Jalan: Tujuan, Jenis, dan Fungsinya

Drainase Jalan: Tujuan, Jenis, dan Fungsinya

Bagikan Artikel Ini:

Drainase jalan terdiri dari 2 yenis yaitu Drainase Permukaan (Surface Drainage) dan Drainase Bawah Permukaan (Sub-Surfacedrainage). Lalu apa saja fungsi dari masing-masing sistem drainase untuk jalan tersebut, mari simak penjelasan berikut.

Mengenal apa itu Drainase Jalan

Drainase jalan adalah prasarana yang berfungsi untuk melindungi konstruksi jalan dari bahaya limpasan air permukaan atau air tanah yang akan merembes ke dalam badan jalan dengan mengalirkannya ke penampungan, sumur resapan, sungai, embung atau kolam, dikutip dari Simantu Kementerina PUPR.

Tujuan Drainase Pada Jalan

Tujuan dari pembuatan drainase untuk jalan yaitu berfungsi untuk mengelola kelebihan air permukaan dan bawah permukaan tanah yang dapat menjadi salah satu penyebab kerusakan konstruksi jalan dengan cara mempertahankan kadar air pada badan jalan supaya tidak berlebihan.

Upaya-upaya sistem drainase untuk jalan ini mencakup:

  1. Pengumpulan dan pembuangan air permukaan dari perkerasan jalan dan daerah sekitarnya dengan cara membangun saluran samping atau side ditch.
  2. Pengumpulan dan pembuangan air tanah dari bagian bawah (pondasi jalan) dan pertemuan antara bagian pondasi dengan tanah dasar, dengan cara membuat saluran drainase bawah tanah atau sub-drain.
  3. Melindungi atau memperlambat terjadinya erosi di badan jalan.
  4. Pengumpulan dan pembuangan air pada jalur jalan yang berpotongan dengan saluran alam, saluran irigasi dan aliran air lainnya dari satu sisi jalanke luar daerah penguasaan jalan tanpa merusak konstruksi jalan dengan cara membuat gorong-gorong, jembatan atau bangunan perlintasan lainnya.
  5. Pengumpulan dan pembuangan air perbukitan (dataran tinggi) yang mengalir melalui permukaan jalan dengan cara membuat saluran penangkap atau catch ditch.

Jenis Sistem Drainase untuk Jalan

Apa saja sih, jenis sistem drainase pada jalan? Jika ditinjau dari fungsi dan tujuannya drainase pada jalan dibagi menjadi dua, yaitu drainase permukaan (surface drainage) dan drainase bawah permukaan (sub-surface
drainage), berikut ulasannya:

1. Drainase permukaan (Surface drainage)

Apa itu Sistem drainase permukaan atau juga dikenal dengan surface drainage? Drainase permukaan adalah sistem drainase yang berfungsi untuk mengendalikan limpasan air hujan di permukaan jalan.

Tujuan drainase permukaan jalan dibuat yaitu agar jalan dan daerah di sekitarnya tidak mudah rusak akibat drainase yang tidak lancar sehingga dapat merusak badan jalan dan konstruksi sekitarnya.

2. Drainase Bawah Permukaan (Sub-surface
drainage)

Kemudian apa itu sistem drainase bawah permukaan? Drainase bawah permukaan adalah sistem drainase yang berfungsi untuk pengendalian air di bawah permukaan tanah (air tanah).

Sama halnya dengan drainase permukaan, tujuan utama drainase bawah permukaan adalah untuk melindungi konstruksi jalan dari kerusakan akibat pengaruh-pengaruh buruk dari air, hanya saja kalau drainase permukaan adalah untuk mengendalikan air di atas permukaan tanah maka drainase bawah permukaan adalah untuk mengendalikan air tanah, dikutip dari halaman pemeliharaan drainase pada jalan oleh Kementerian PUPR.

Aplikasi Geotextile dan Geopipe untuk Drainase Bawah Permukaan Jalan

Sebagai informasi, untuk membangun sistem drainase bawah permukaan kini sudah banyak diterapkan teknologi terbaru dengan mengaplikasikan Geotekstil atau Geotextile dan Geopipe.

Material Geotextile dan Geopipe adalah dua jenis Geosintetik yang diaplikasikan pada sistem drainase bawah permukaan yang berfungsi sebagai penyaring atau media filtrasi. Pemasangan geotekstil pada tanah untuk mengalirkan air ke dalam sistem drainase bawah permukaan dan menahan perpindahan tanah setempat tanpa terjadinya penyumbatan dalam jangka panjang.

Fungsi utama Geotekstil dalam sistem drainase bawah permukaan adalah sebagai penyaring atau filter. Sifat-sifat geotekstil filter merupakan fungsi dari gradasi, plastisitas dan kondisi hidrolis tanah setempat. Kemudian fungsi utama dari Geopipe yaitu untuk menampung sekaligus mengalirkan air dari permukaan menuju penampungan, sumur resapan, sungai atau kolam.

Demikian beberapa informasi terkait dengan sistem drainase pada jalan berdasarkan tujuan dan jenisnya, sekaligus aplikasi penggunaan Geotekstil dan Geopipe pada sistem drainase tersebut.

Sebagai informasi, kami CV. Mutu Utama Geoteknik adalah perusahaan supplier Geotekstil dan Geopipe untuk berbagai jenis proyek pembuatan sistem drainase bawah permukaan. Kami melayani konsultasi pemilihan material, penjualan, jasa pengiriman dan jasa aplikator.

supplier geotextile untuk jalan

Untuk terhubung dengan kami, silahkan menghubungi kami melalui Marketing Engineer melalui halaman kontak kami. Terima kasih.

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?