Fungsi Geotextile Pada Pemasangan Paving Block

Fungsi Geotextile Pada Pemasangan Paving Block

Bagikan Artikel Ini:

Fungsi Geotextile pada pemasangan paving block dibutuhkan untuk lapisan separasi, filtrasi, drainase dan perkuatan. Sehingga paving block tidak mudah ambles dan awet tahan lama.

Jenis Geotextile untuk Paving Block

Dalam proyek pemasangan paving block jenis geotextile yang digunakan yaitu Geotextile Non Woven. Geotextile non woven adalah material yang berupa lembaran seperti karpet, sehingga banyak juga orangnya yang menyebutnya dengan karpet geotextile.

Geotextile Non Woven untuk Separasi Filtrasi dan Perkuatan Paving Block
Geotextile Non Woven untuk Separasi Filtrasi dan Perkuatan Paving Block

Sebagai informasi kami CV. Mutu Utama Geoteknik merupakan supplier beragam jenis geotextile terlengkap di Indonesia. Kami menjual geotextile kualitas terbaik dengan harga pabrik untuk berbagai kebutuhan proyek Anda. Kami melayani penjualan, jasa pengiriman dan jasa pemasangan geotextile yang menjangkau seluruh Indonesia. Hubungi kami melalui halaman kontak kami atau melalui tim Marketing Engineering kami.

Secara umum fungsi geotextile non woven yaitu sebagai media pemisah, penyaring, stabilisasi dan perkuatan pada strukstur lapisan yang berbeda. Contoh aplikasinya yaitu geotextile non woven dipasang diatas tanah dasar (subgrade) dan berada dibawah timbunan (subbase), geotextile non woven dapat meloloskan air masuk kedalam tanah, namun tidak membawa material diatasnya.

Lalu bagaimana cara pemasangan geotextile non woven pada struktur paving block, simak penjelasan dibawah ini.

Cara Pemasangan Geotextile Pada Paving Block

Dalam proyek pembuatan jalan dengan paving block, dibutuhkan persiapan tanah dasar dan pondasi yang baik.  Agar pemasangan paving block lebih kuat dibutuhkan juga media pemisah dan filtrasi menggunakan geotextile non woven.

Tujuan pemasangan geotextile non woven yaitu sebagai media pemisah (separasi) dan penyaring (filtasi) agar material pondasi seperti pasir dan kerikil tidak bercampur dengan tanah dasar.

Berikut cara struktur pemasangan paving block yang baik yang menggunakan Geotextile non woven.

Cara Pemasangan Paving Block dengan Geotextile
Cara Pemasangan Paving Block dengan Geotextile

Pada gambar diatas, merupakan ilustrasi pemasangan paving block menggunakan geotextile. Pemasangan geotextile yaitu digelar diatas tanah dasar (Subgrade) dan dibawah timbunan (Subbase) atau pondasi paving block.

Pemasangan geotextile diatas tanah dasar bertujuan untuk memisahkan antara tanah paling bawah dengan material diatasnya seperti tanah timbunan, kerikil dan pasir. Selain itu tujuan dari pemasangan geotextile yaitu kandungan air dalam pondasi paving block atau diatas paving block dapat meresap kedalam tanah tanpa harus membawa material halus.

Sehingga paving block lebih awet, tidak mudah bergelombang, susunan paving block tetap rapi dan kuat untuk menahan beban berat diatasnya. Demikian informasi fungsi geotextile pada pemasangan paving block, semoga menjadi informasi yang bermanfaat untuk Anda.

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?