Geocell untuk Jalan ini Fungsi dan Aplikasinya

Geocell untuk Jalan ini Fungsi dan Aplikasinya - CV Mutu Utama Geoteknik

Bagikan Artikel Ini:

Mengenal Geocell untuk jalan dari fungsi dan aplikasinya sebagai material perkuatan pada konstruksi jalan aspal, tol, jalan akses tambang dan jalan kebun sawit (lahan gambut).

Apa itu Geocell?

Geocell adalah material yang diproduksi dari bahan HDPE (High Density Poly Ethylene) dan berbentuk struktur heksagonal saling terkait dan jika dipasang berbentuk seperti sarang tawon. Geocell terdiri dari dua jenis, diantaranya

Jenis dan Fungsi Geocell untuk Konstruksi Jalan

Material geocell yang digunakan untuk konstruksi jalan terdiri dari dua jenis, informasi selengkapnya macam-macam geocell dan fungsinya sebagai berikut:

Jenis Geocell

1. Textured Geocell

Geocell Textured atau dikenal dengan sebutan Perforated Geocell adalah jenis geocell yang memiliki permukaan kasar dan berlubang.

2. Smooth Geocell

Geocell Smooth atau juga dikenal dengan nama Non Perforated Geocell adalah jenis geocell yang memiliki permukaan polos namun tidak berlubang.

Fungsi Geocell

1. Meningkatkan kemampuan drainase tanah dengan maksimal
2. Meningkatkan interlocking baik antara material pengisi pada cell yang berdekatan
3. Membentuk struktur yang lebih fleksible dan pastinya berguna sekali untuk menahan tanah dengan baik
4. Menahan air dan membuat ruput vegetasi tumbuh dengan baik dan cepat diatas permukaan yang keras.

Aplikasi Geocell untuk Perkuatan Jalan

Penggunaan material geocell untuk konstruksi jalan sering diaplikasikan untuk jalan aspal, jalan tol, akses tambang dan jalan kebun sawit.

Secara umum, aplikasi geocell banyak digunakan untuk stabilisasi tanah diatas tanah lunak, penahan erosi pada jalan (Steep Slope).

1. Perkuatan Timbunan Jalan

Geocell digunakan sebagai pengurangan turunan dan peningkatan daya dukung tanah sehingga mampu menghasikan tegangan lateral yang kecil dan tentunya penurunan tanah bisa berkurang sekitar 50%.

2. Perkuatan Struktur Jalan

Berikutnya perkuatan dengan geocell akan mengurangi tekanan vertikal yang nantinya ditransfer subgrade dengan mendistribusikan ke area yang lebih luas. Biasanya geocell akan ditempatkan pada bagian bawah dari lapisan dasar yang kemudian diberikan timbunan agregrat yang dibutuhkan.

3. Perkuatan Pondasi Jalan

Geocell jgua dipakai secara substansial untuk meningkatkan daya dukung tanah yang lebih kuat atau disebut dengan pondasi.

Sebagai informasi, kami CV. Mutu Utama Geoteknik merupakan supplier geocell untuk proyek jalan. Kami juga melayani jasa pengiriman dan jasa pemasangan geocell yang menjangkau seluruh Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut kebutuhan geocell untuk proyek Anda, silahkan hubungi kami melalui halaman kontak kami atau bisa langsung menghubungi tim Sales / Marketing Engineer kami melalui Whatsapp berikut

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?