Geotextile Non Woven: Fungsi dan Keunggulannya

Geotextile Non Woven Fungsi dan Keunggulannya

Bagikan Artikel Ini:

Geotextile Non Woven dari Fungsi, Keunggulan dan Aplikasi Penggunaannya Diberbagai Proyek Perbaikan, Perkuatan dan Stabilisasi Tanah.

Apa itu Geotextile Non Woven?

Dikutip dari halaman produk Geotextile Non Woven di CV. Mutu Utama geoteknik, Geotextile Non Woven (Geotekstil Non Woven / Geotek Non Woven) adalah salah satu jenis material geosintetik yang tidak teranyam namun memiliki bentuk seperti karpet yang umumnya diproduksi dengan warna putih atau abu-abu.

Jual Geotextile Non Woven M-TEX

Geotekstil Non Woven terbuat dari bahan bahan Polyester (PET) atau Polypropylene (PP) yang mendukung berbagai fungsi dan manfaatnya untuk lapisan sintetik untuk stabilisasi tanah. Berikut berbagai fungsi geotekstil non woven selengkapnya.

Fungsi Geotekstil Non Woven

Material geotekstil non woven banyak digunakan pada berbagai proyek stabilisasi dan perkuatan tanah, lalu apa saja sih fungsi utama material geotek non woven ini, simak informasinya dibawah ini ya.

1. Separasi

Material geotekstil non woven dapat berfungsi untuk separasi yaitu memisahkan antara dua lapisan tanah atau material yang memiliki tekstur atau ukuran yang berbeda.

2. Filtrasi

Material geotek non woven juga berfungsi untuk lapisan filtrasi yang dapat menahan material tanah atau partikel tanah atau pasir yang halus tanpa terbawa oleh air.

3. Drainase

Drainase

Geotekstil non woven juga dapat digunakan untuk lapisan material yang dipasang pada struktur lapisan sistem drainase bawah permukaan untuk mengalirkan air tanpa membawa material halus berupa tanah atau pasir.

4. Perkuatan

Material geotek non woven jika dipasang diatas tanah dasar (subgrade) berfungsi mencegah tanah dasar dan tanah timbunan (agregat) tercampur. Sehingga tanah dasar dan agregat akan semakin stabil dan kuat.

Keunggulan Geotek Non Woven

Berikut beberapa keunggulan material geotek non woven yang kami kutip dari halaman website produk geotekstil non woven CV. Mutu Utama Geoteknik.

  1. Material sintetik yang tahan terhadap sinar UV.
  2. Memiliki ketahanan mekanik dan hidrolik yang sangat baik sebagai material pemisah dan penyaring.
  3. Memiliki bukaan pori kecil dengan permeabilitas yang tinggi, sehingga air dapat mengalir tanpa membawa material.

Aplikasi Geotek Non Woven

Geotek non woven dapat digunakan diberbagai aplikasi perbaikan, perkuatan dan stabilisasi tanah pada berbagai jenis proyek seperti berikut ini.

  • Jalan Aspal dan Tol
  • Jalan Akses Pertambangan
  • Jalan Akses Pertanian (Sawit, Teh, Kopi, Karet dll)
  • Jalan Rel Kereta Api
  • Kolam Limbah (Kolam Stabilisasi / Waste Pond)
  • Sanitary Landfill (TPA Sampah)
  • Perkuatan Lereng
  • Pengendalian Erosi dan Abrasi (Untuk Pembuatan Tanggul Geobag dan sesuai kebutuhan)
  • Sistem Drainase Bawah Permukaan

geotextile non woven untuk pengendalian abrasi - cv mutu utama geoteknik

geotextile non woven untuk landfill tpa - cv mutu utama geoteknik

Demikian informasi terkait apa itu Geotextile Non Woven mulai dari fungsi, keunggulan dan aplikasi penggunaan material untuk berbagai proyek perbaikan, perkuatan dan stabilisasi tanah, semoga bermanfaat.

 

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?