Geotextile Woven: Fungsi dan Keunggulannya

Geotextile Woven Fungsi dan Keunggulannya

Bagikan Artikel Ini:

Geotextile Woven, mengenal fungsi, keunggulan dan aplikasi penggunaannya untuk perkuatan, separasi, drainase, filtrasi dan stabilisasi tanah.

Mengenal Geotextile Woven

Bersumber dari halaman produk Geotextile Woven atau biasa juga disebut Geotekstil Woven (Geotek Woven) adalah material salah satu jenis geosintetik yang berbahan dasar Polypropylene Polymer (PP) atau Polyester (PET).

Geotekstil woven memiliki bentuk seperti karpet berwarna hitam dengan tekstur seperti anyaman pita / tikar. Apa saja fungsi dari material tersebut simak informasinya di bawah ini.

Fungsi Geotekstil Woven

Geotekstil woven berfungsi untuk material lapisan yang dipasang pada struktur lapisan tanah dan memiliki fungsi utama diantaranya, sebagai berikut:

1. Separasi

Material geotek woven berfungsi untuk memisahkan tanah dasar yang cenderung lunak (basah) dengan material timbunan (subase course / basa course)

2. Perkuatan

Selain untuk fungsi diatas, geotek woven juga memiliki manfaat untuk material stabilisasi tanah dasar (subgrade) yang memiliki sifat lunak (lempung/gambut/berpasir)

3. Filtrasi

Geotextile woven juga memiliki fungsi sebagai material yang dapat mengalirkan air tanpa membawa material halus (partikel tanah), karena memiliki permeabilitas tinggi.

Keungulan Geotekstil Woven

Geotekstil woven memiliki banyak keunggulan sebagai material geosintetik yang digunakan dalam proyek pengerjaan perbaikan, perkuatan dan stabilisasi tanah, apa saja keunggulannya simak informasinya berikut.

  1. Geotek woven memiliki koefisien interaksi tinggi untuk menciptakan kekangan terhadap gaya lateral pada interface antara geotekstil dan agregat.
  2. Material geotek woven memiliki kandungan Carbon Black UV yang dapat melindungi dari paparan sinar ultraviolet.
  3. Geotekstil woven permeabilitas tinggi untuk mengalirkan air pori ekses yang timbul akibat beban yang lewat.
  4. Material ini juga memiliki tensile strength atau kuat tarik yang tinggi, sehingga menjamin keamanan struktur tanah.

Penggunaan Geotekstil Woven

Apa saja aplikasi penggunaan geotek woven? Tentu untuk beberapa orang belum banyak mengetahuinya, sebagai informasi berikut aplikasi penggunaan material geotekstil woven yang pada berbagai proyek konstruksi perbaikan, stabilisasi dan perkuatan tanah.

  1. Perbaikan, perkuatan dan stabilisasi jalan aspal, tol, akses perkebunan, pertambangan dan lainnya.
  2. Proyek perkuatan dan stabilisasi jalan rel kereta api
  3. Proyek konservasi sumber daya air untuk perkuatan lereng, pengendalian erosi dan abrasi
  4. Dan berbagai proyek lainnya sesuai kebutuhan saat konstruksi pertanahan.

Demikian informasi yang kami sampaikan untuk Anda, sebagai informasi kami CV. Mutu Utama Geoteknik adalah perusahaan supplier dan produsen berbagai jenis geotextile woven dengan beragam ukuran gramasi. Kami melayani konsultasi pemilihan produk, penjualan, jasa pengiriman dan jasa pemasangan geotextile untuk berbagai proyek di seluruh Indonesia.

jual geotextile woven M-TEX

Hubungi kami CV. Mutu Utama Geoteknik melalui Marketing Engineer kami via Whatsapp atau kontak lainnya di halaman kontak kami. terima kasih.

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?