Geotextile untuk Jalan: Fungsi dan Pengaplikasiannya

Geotextile untuk Jalan Fungsi dan Pengaplikasiannya

Bagikan Artikel Ini:

Geotextile untuk jalan berfungsi untuk lapis konstruksi, separasi, perkuatan, filtrasi dan drainase agar jalan tidak mudah rusak. Lalu apa itu Geotextile dan bagaimana cara pengaplikasian Geotextile pada konstruksi jalan, simak penjelasan berikut ini.

Fungsi Geotextile untuk Konstruksi Jalan

Geotextile adalah salah satu jenis geosintetik yang diproduksi dari bahan atau serat polyester atau polypropylene dan disusun serta dianyam menjadi lembaran-lembaran dan kemudian digulung.

Geotextile terdiri dari dua jenis yaitu pertama Geotextile Woven yang memiliki bentuk fisik seperti karpet hitam yang dianyam. Kemudian yang kedua yaitu Geotextile Non Woven berbentuk seperti karpet putih dengan serat tidak dianyam.

Untuk mengetahui beragam fungsi dan pengaplikasian Geotextile pada jalan, berikut ulasan selengkapnya:

1. Lapis Proteksi Jalan

Fungsi Geotextile pada konstruksi jalan yang pertama yaitu digunakan untuk lapisan proteksi terhadap material Geosintetik lainnya seperti Geomembrane, Geocell dan Geogrid.

2. Separasi

Kemudian fungsi yang kedua yaitu digunakan untuk separasi. Jenis geotextile yang digunakan sebagai media separasi yaitu Geotextile Non Woven. Karena jenis tersebut dapat digunakan menjadi media pemisah antara tanah dasar (perkuatan subgrade) dengan agregat atau timbunan pada pondasi jalan.

3. Filtrasi dan Drainase

Selanjutnya, geotextile yang digunakan di konstruksi jalan berfungsi sebagai lapisan sistem drainase dan filtrasi. Geotextile memiliki permeabilitas yang tinggi sehingga dapat menahan butiran halus dan dapat mengalirkan air dengan baik.

4. Perkuatan Jalan

Fungsi geotextile pada jalan selanjutnya yaitu digunakan pada lapis perkuatan. Geotextile woven memiliki kuat tarik dan daya gesek yang tinggi, sehingga sering digunakan menjadi lapisan konstruksi jalan tanah lunak.

Pengaplikasian geotextile woven sebagai media perkuatan sering digunakan pada proyek perbaikan dan pembuatan jalan diatas tanah lunak atau tanah gambut pada area pertambangan, pertanian dan perkebunan seperti sawit, kopi dan lainnya.

Sebagai informasi, kami CV. Mutu Utama Geoteknik merupakan supplier Geotextile terlengkap. Kami melayani konsultasi pemilihan produk, jasa pengiriman dan jasa pemasangan Geotextile untuk berbagai proyek sesuai kebutuhan di seluruh Indonesia.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut seperti ukuran Geotextile dan permintaan penawaran harga Geotextile, Anda bisa langsung menghubungi tim Marketing Engineering kami melalui Whatsapp yang ada di halaman kontak kami.

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?