Metode Pemancangan Sheet Pile Baja untuk Dinding Penahan Tanah

Metode Pemancangan Sheet Pile Baja

Bagikan Artikel Ini:

Metode pemancangan sheet pile baja (turap baja) untuk dinding penahan tanah secara vertikal dalam proyek konstruksi teknik sipil.

Sheet pile baja digunakan untuk pembuatan konstruksi penahan tanah pada ketinggian tanah yang berbeda agar tidak longsor. Kemudian sheet pile baja juga sering digunakan untuk menahan air pada galian tanah agar air tidak masuk ke galian.

Selain itu sheet pile baja sering juga digunakan untuk penahan abrasi pantai, pemecah gelombang ombak, penahan tanggul dan penggunaan sesuai kebutuhan.

Untuk mengetahui proses pemasangan sheet pile baja diberbagi jenis proyek, berikut penjelasan selengkapnya.

Cara Pemasangan Sheet Pile Baja

Dikutip dari halaman Sheet Pile Wall Construction, berikut metode pemancangan sheet pile baja mulai dari persiapan lokasi, pengukuran untuk menentukan titik pemasangan, persiapan alat dan prosesnya.

1. Persiapan Lokasi dan Pengukuran

Pada langkah awal ini, kontraktor biasanya melakukan pengukuran dengan alat Theodolite untuk menentukan titik pancang sheet pile. Setelah penentuan titik sudah didapatkan, barulah ke langkah selanjutnya.

2. Persiapan Alat Pancang

Peralatan yang sering digunakan untuk pemasangan sheet pile yaitu excavator yang dilengkapi dengan hydraulic hammer, diesel hammer atau vibratory hammer.

Dalam persiapan alat pancang ini, selain alat berat diatas juga dibutuhkan beragam alat pendukung lainnya seperti angkur, mesin las baja, crane dan lainnya.

3. Pemasangan Angkur Sheet Pile

Dalam pemasangan sheet pile dibutuhkan angkur atau juga dikenal guide beam sheet pile yang berfungsi untuk memastikan sheet pile yang dipancang berurutan, tegak dan rapi.

4. Proses Pemancangan Sheet Pile

Berikut langkah-langkah pemancangan sheet pile dari awal hingga akhir.

Langkah 1: Pengaturan Sheet Pile

Pada proses pertama ini diperlukan petunjuk untuk operator alat berat dalam mengatur posisi sheet pile yang siap dipancang.

Langkah 2: Pemancangan Sheet Pile Pertama

Proses pancang awal ini posisinya harus benar-benar vertikal agar pemasangan selanjutnya akan presisi, rapat dan rapi.

Langkah 3: Pemasangan Sheet Pile Kedua

Untuk pemancangan sheet pile yang kedua harus terkunci rapat dengan sheet pile yang pertama.

Langkah 4: Pengulangan Pemasangan Sheet Pile

Kemudian setelah pemasangan pertama dan kedua selesai, selanjutnya proses pengulangan dengan metode yang sama dari awal hingga akhir.

Demikian informasi cara pemasangan sheet pile baja yang digunakan untuk menahan konstruksi tanah diberbagai jenis proyek.

Sebagai informasi kami CV. Mutu Utama Geoteknik merupakan supplier Sheet Pile Baja terlengkap. Kami melayani konsultasi pemilihan produk, jasa pengiriman yang menjangkau seluruh Indonesia.

Silahkan hubungi tim Marketing Engineering kami melalui Whatsapp di halaman ini atau kontak kami. Terima kasih.

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?