Geotextile untuk Jalan Sebagai Inovasi Teknologi Konstruksi

Geotextile untuk Jalan Sebagai Inovasi Teknologi Konstruksi

Bagikan Artikel Ini:

Geotextile untuk jalan merupakan salah satu jenis material geosintetik yang kini semakin banyak digunakan sebagai inovasi teknologi konstruksi jalan agar awet tahan lama.

Penggunaan geotextile diberbagai proyek seperti pembangunan jalan baru, perbaikan jalan atau peningkatan jalan rusak di Lampung, Jambi dan Sumater Utara dan daerah lain di Indonesia sangat perlu diaplikasikan sebagai salah satu inovasi baru.

Lalu apa saja sih keunggulan Geotextile tersebut, kenapa harus direkomendasikan sebagai salah satu material yang dapat diaplikasikan dalam pembangunan maupun perbaikan jalan sebagai inovasi konstruksi jalan, yuk simak info selengkapnya disini.

Mengenal apa itu Geotextile ?

Dikutip dari halaman  produk Geotextile CV. Mutu Utama Geoteknik, Geotextile atau Geotekstil adalah material sintetik yang berbentuk seperti karpet berwarna hitam atau putih.

Geotextile terdiri dari dua jenis yaitu geotekstil woven dan geotekstil non woven. Kedua jenis tersebut memiliki fungsi yaitu untuk separasi, filtrasi dan drainase, perkuatan dan proteksi, berikut penjelasan selengkapnya.

Jenis Geotekstil untuk Jalan

Berikut ini merupakan jenis geotextile yang terdiri dari dua macam yaitu woven dan non woven, simak selengkapnya dibawah ini.

1. Geotextile Woven

geotextile woven untuk jalan

Geotextile woven dibuat dengan cara dianyam digunakan untuk lapisan konstruksi dalam berbagai pekerjaan proyek perbaikan, perkuatan dan stabilisasi tanah untuk jalan dan infrastukrtu lainnya.

2. Geotextile Non Woven

geotextile non woven untuk jalan

Kemudian, geotextile non woven merupakan salah satu jenis geotextile yang dibuat dengan cara disusun tidak beraturan yang memiliki fungsi utama yaitu filtrasi, drainase dan separasi. Material ini banyak digunakan untuk berbagai proyek perbaikan dan stabilisasi tanah termasuk pada infrastruktur pembangunan jalan.

Fungsi Geotextile Pada Jalan

Apa saja sih fungsi geotextile yang digunakan pada pembangunan, perbaikan dan stabilisasi tanah untuk konstruksi badan jalan, simak informasi selengkapnya disini.

1. Lapis Proteksi

Drainase

Material geotekstil jika dipasang pada konstruksi jalan berfungsi untuk lapisan proteksi atau melindungi material lain, karena geotekstil memiliki kekuatan tusuk yang tinggi sehingga material lain misalnya geomembrane tidak mudah tertusuk atau berlubang.

2. Lapis Separasi

Funsgi yang kedua yaitu geotekstil digunakan untuk material separasi atau separator yaitu menjadi media pemisah diantara lapisan yang berbeda propertiesnya, misalnya tanah dasar dengan timbunan. Hal tersebut dapat membantu memisahkan kedua material tersebut sehingga material timbunan tidak akan bercampur dengan tanah dasar. Fungsi tersebut memnungkinkan jalan akan lebih kuat dan awet tahan lama.

3. Lapis Filtrasi dan Drainase

Kemudian fungsi yang ketiga yaitu filtrasi dan drainase, karena geotextile yang dipasang pada lapisan konstruksi jalan akan berfungsi untuk mengalirkan air tanpa membawa partikel tanah atau timbunan. Sehingga material timbunan tidak akan terbawa oleh air dan bercampur dengan material lain, sehingga jalan tetap awet dan tahan lama.

4. Lapis Perkuatan

Penggunaan material geotextile baik woven dan non woven pada konstruksi jalan juga menjadi inovasi agar jalan tetap kuat, karena geotextile memiliki kuat tarik yang tinggi. Sehingga beban jalan juga akan semakin mengecil karena beban akan merata.

Demikian informasi terkait dengan beragam pemanfaatan geotextile untuk jalan sebagai solusi inovasi teknologi konstruksi agar jalan di Indonesia tidak mudah rusak. Sebagai informasi kami CV. Mutu Utama Geoteknik adalah perusahaan produsen sekaligus supplier geotextile di Indonesia.

Kami melayani pengadaan barang berupa material geotextile dan jenis geosintetik lainnya dengan harga dan kualitas terbaik. Selain itu, kami juga melayani jasa konsultasi pemilihan produk, jasa pengiriman dan jasa instalasi geotextile yang menjangkau seluruh Indonesia, hubungi kami melalui halaman kontak kami. terima kasih.

supplier geotextile untuk perkuatan jalan rusak di Indonesia

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?