Geotextile Woven untuk Jalan Diatas Tanah Lunak

Geotextile Woven untuk Jalan Diatas Tanah Lunak

Bagikan Artikel Ini:

Geotextile Woven kini menjadi salah satu material yang banyak digunakan untuk lapisan konstruksi jalan di atas tanah lunak. Untuk informasi selengkapnya mengenai material geotextile untuk jalan ini sekaligus keunggulannya, yuk simak penjelasan berikut ini.

Apa itu Geotextile Woven?

Dikutip dari halaman produk Geotextile Woven di CV. Mutu Utama Geoteknik, material Geotextile Woven adalah salah satu jenis geotextile yang diproduksi dengan cara dianyam (Woven).

Geotextile woven atau geoteksil woven dibuat dari bahan utama Polypropylene Polymer (PP) atau Polyester (PET) yang dibentuk berupa benang pita kemudian dianyam untuk diuji sesuai dengan fungsinya untuk material perkuatan, separasi, filtrasi dan drainase untuk dipasang pada struktur lapisan tanah.

Geotextile untuk Jalan

Seperti yang sudah banyak diketahui, timbunan material pada jalan baik itu tanah, pasir maupun kerikil yang berada di atas tanah lunak biasanya dapat menyebar secara lateral yang dikarenakan tekanan horizontal.

Permasalahan tersebut tentu dapat menyebabkan amblasnya timbunan atau longsornya badan jalan, sehingga sering menyebabkan jalan mudah rusak.

Oleh karena itu, kini terdapat solusi inovasi teknologi penanganan tanah lunak seperti di Trans Sumatera oleh Kementerian PUPR. Salah satunya dengan memasang geotextile woven di atas tanah dasar (subgrade).

Pemasangan geotextile woven di atas tanah dasar (subgrade) yang lunak dapat membantu meningkatkan kekuatan dan stabilitas tanah.

Selain itu pemasangan geotextile woven juga akan mengurangi pergeseran material timbunan secara horizontal dan vertikal, dikutip dari Penelitian Geotextile di laman Simantu Kementerian PUPR.

Keunggulan Geotextile Woven untuk Jalan

Apa saja keunggulan dari material geotekstil woven? Ada banyak sekali keunggulan material dan penggunaan geotextile woven yang diaplikasikan pada struktur konstruksi jalan untuk perkuatan dan stabilisasi, berikut diantaranya:

  1. Geotekstil woven memiliki kandungan Carbon Black UV yang dapat melindungi dari paparan sinar ultraviolet.
  2. Material woven memiliki tensile strength atau kuat tarik yang tinggi, sehingga menjamin keamanan struktur tanah.
  3. Geotekstil woven juga memiliki permeabilitas tinggi untuk mengalirkan air pori ekses yang timbul akibat beban yang lewat.
  4. Kemudian geotextile woven juga memiliki koefisien interaksi tinggi untuk menciptakan kekangan terhadap gaya lateral pada interface antara geotekstil dan agregat.

Demikian ulasan singkat, terkait penggunaan material geotextile woven pada jalan di atas tanah lunak untuk mencegah kerusakan jalan sehingga jalan lebih awet tahan lama.

Sebagai informasi, kami CV. Mutu Utama Geoteknik adalah perusahaan supplier berbagai jenis geotextile untuk konstruksi jalan di Indonesia. Kami melayani konsultasi pemilihan material, jasa pengiriman dan jasa pemasangan yang menjangkau seluruh Indonesia.

Jika Anda sedang membutuhkan informasi permintaan penawaran harga geotekstil woven untuk jalan, silahkan menghubungi kami melalui tim Marketing Engineering kami melalui halaman kontak kami. Terima kasih.

geotextile woven untuk jalan

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?