Terpal Tambak Geomembrane Solusi Tingkatkan Hasil Panen

Terpal Tambak Geomembrane Solusi Tingkatkan Hasil Panen

Bagikan Artikel Ini:

Terpal tambak dengan material Geomembrane kini menjadi solusi inovasi teknologi untuk lapisan kedap air pada berbagai jenis tambak. Lalu apa itu geomembrane dan kenapa tambak garam, udang dan ikan harus menggunakan terpal geomembrane untuk lapisan kedap, berikut ulasan selengkapnya.

Mengenal material Geomembrane

Dikutip dari halaman produk Geomembrane dengan merk ULTIMATE™ di CV. Mutu Utama Geoteknik, Geomembrane adalah salah satu jenis material geosintetik yang berbentuk seperti lembaran terpal yang memiliki sifat kedap air dan zat cair lainnya.

geomembrane

Geomembrane terbuat dari bahan HDPE atau Polietilena berdensitas tinggi yang memiliki banyak keunggulan sebagai lapisan kedap air yang dapat diaplikasikan pada berbagai jenis infrastuktur termasuk untuk pelapis kedap pada tambak garam, udang dan ikan.

Geomembrane untuk Tambak Garam

Karena semakin berkembangnya inovasi teknologi, kini Geomembrane sudah banyak dipasang pada berbagai infrastruktur kelautan dan perikanaan. Seperti yang kami kutip dari halaman DKP Provinsi Aceh, ada tiga keunggulan utama dari penggunaan geomembrane sebagai alas tambak garam, diantaranya sebagai berikut.

terpal geomembrane untuk tambak garam

1. Mencegah Terjadinya Pencemaran

Geomembrane terbuat dari bahan HDPE (High Density Polyethylene) merupakan bahan dengan daya tahan tinggi yang memungkinkan untuk menahan tanah tambak sehingga tidak merembes ke dalam air laut yang akan diolah menjadi garam.

Teknik pencegahan pencemaran dengan alas sangat berpengaruh terhadap garam yang dihasilkan nantinya. Semakin bersih air yang diolah menjadi garam, maka semakin baik garam yang akan dihasilkan serta berkualitas.

2. Mempercepat Kristalisasi Garam

Penggunaan geomembrane sebagai alas tambak garam mampu mempercepat kristalisasi air laut, sehingga panen dapat dilakukan lebih cepat. Hal ini karena geomembrane memiliki warna hitam yang diketahui sangat mudah dalam menyerap panas.

3. Meningkatkan Produktifitas

Garam dikenal sangat mudah menyerap dan menyatu dengan partikel tanah. Untuk itu, penggunaan geomembrane sebagai alas tambak garam dinilai sangat baik dalam mencegah terikatnya kristal garam terhadap tanah tambak, sehingga pemanenan dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

Geomembrane untuk Tambak Udang & Ikan

Dikutip dari halaman artikel fungsi geomembrane pada tambak udang Kebumen berikut keunggulan atau kelebihan dari pemasangan geomembrane jika dipasang untuk lapis kedap pada kolam tambak.

geomembrane untuk tambak udang dan ikan

1. Perawatan tambak lebih mudah

Jika kolam tanah perawatan antarmusim budidaya hingga 30 hari, dengan kolam geomembrane cukup membutuhkan waktu satu mingguan.

2. Kualitas air lebih baik

Pelapisan geomembrane pada kolam, akan membantu meminimalisir kekeruhan air akibat tercampurnya tanah dan kotoran udang. Berbeda dengan kolam tanah, pasti akan lebih mudah kotor.

Selain itu pembersihan dasar dan dinding kolam selama budidaya lebih mudah dilakukan.

3. Padat tebar udang lebih banyak

Dengan kolam yang bersih dan luas tentu akan membantu meningkatkan kapasitas tebar benih dan daya tampung kolam meningkat.

4. Daur hara lebih singkat

Daur hara lebih singkat dikarenakan tidak ada elemen tanah di dalam kolam, sehingga mempercepat proses daur hara (daur nutrien).

Demikian beragam informasi terkait kelebihan dan keunggulan penggunaan terpal tambak menggunakan bahan Geomembrane yang bisa menjadi solusi untuk meningkatkan hasil panen pada tambak garam maupun udang dan ikan.

Sebagai informasi kami, CV. MUTU UTAMA GEOTEKNIK adalah perusahaan supplier berbagai jenis material geomembrane untuk kebutuhan kolam tambak baik garam maupun udan dan ikan.

geomembrane untuk tambak

Jika Anda sedang membutuhkan informasi permintaan penawaran harga geomembrane terbaru dan jasa instalasi geomembrane, silahkan hubungi kami melalui kontak yang tertera di halaman ini atau bisa juga hubungi kami melalui halaman kontak kami. terima kasih.

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?