Jalan Kebun Sawit Lebih Kuat Dilapisi Geocell

Jalan Kebun Sawit Lebih Kuat Dilapisi Geocell

Bagikan Artikel Ini:

Jalan kebun sawit jauh lebih kuat, anti amblas menggunakan lapisan Geocell untuk stabilisasi dan perkuatan tanah gambut (lunak). Untuk mengetahui lebih jelas lagi seperti apa pemanfaatan Geocell untuk jalan perkebunan sawit, simak informasinya berikut.

Permasalahan Jalan Perkebunan Sawit

Kondisi jalan yang sering rusak di perkebunan sawit memang menjadi masalah yang sangat merugikan petani hingga perusahaan pengelola sawit.

Beberapa kerusakan jalan tersebut diakibatkan karena daya dukung tanah dasar gambut yang lunak dan tidak stabil, sehingga mengakibatkan penurunan tanah yang tidak merata.

Penurunan tanah yang tidak rata, berdampak pada kondisi jalan yang bergelombang dan lunak saat dilalui kendaraan seperti sepeda motor, mobil hingga truk pengangkut sawit.

Untuk memperbaiki jalan yang sudah ada hingga membangun jalan baru, dibutuhkan perencanaan pembangunan struktur jalan pada tanah dasar (pondasi jalan) yang lebih kuat.

Teknologi Perkuatan Jalan Kebun Sawit

Salah satu teknologi yang dapat diaplikasikan untuk stabilisasi dan perkuatan jalan pada perkebunan sawit yaitu menggunakan material perkuatan Geocell.

Apa itu Geocell?

Geocell adalah satu jenis geosintetik yang berbentuk seperti sarang tawon tiga dimensi. Bersumber dari halaman produk Geocell di  CV. Mutu Utama Geoteknik, material Geocell diproduksi dari bahan High Density Polyethylene (HDPE) kemudian dicetak berbentuk Cellular Confinement Systems (CCS) atau sistem pengekangan berbentuk sel dengan struktur 3 dimensi seperti bentuk sarang lebah.

Geocell diproduksi dengan teknologi canggih dan berstandar nasional Indonesia, digunakan sebagai material perkuatan timbunan dan lereng.

Fungsi Geocell untuk Jalan Kebun Sawit

Geocell yang dipasang pada pondasi jalan gambut (lunak) di perkebunan sawit berfungsi untuk lapisan perkuatan tanah dasar (pondasi jalan) dalam menahan beban berat kendaraan. Kemudian Geocell juga dapat meningkatkan daya dukung tanah gambut (lunak). Sekaligus meninimalisir terjadinya penurunan tanah pada jalan yang tidak merata.

Keunggulan Geocell untuk Jalan

Ada banyak sekali keunggulan Geocell yang selain fungsi utama diatas sebagai material perkuatan, ternyata geocell juga memiliki banyak keunggulan lainnya.

  1. Mencegah tergerusnya material isian atau timbunan
  2. Menahan tanah permukaan pada lereng yang curam dan dapat membantu pertumbuhan vegetasi
  3. Meningkatkan kapasitas daya dukung tanah pada lokasi dengan beban berat
  4. Tahan terhadap unsur biologi dan kimia dari tanah
  5. Mengurangi biaya bahan material secara volume
  6. Mudah dibongkar pasang dan dapat digunakan kembali
  7. Tahan lama, dengan usia penggunaan jangka panjang

Harga Geocell

Untuk mengetahui berapa biaya pembuatan jalan kebun sawit menggunakan Geocell tentu diperlukan perencanaan dan penghitungan material hingga pemasangannya. Sebagai informasi kami CV. Mutu Utama Geoteknik adalah perusahaan supplier Geocell di Indonesia dan produsen beberapa jenis geosintetik lainnya.

jual geocell

Kami melayani konsultasi Gratis untuk pemilihan material Geocell, jasa pengiriman hingga jasa pemasangan geocell yang menjangkau seluruh Indonesia. Hubungi kami melalui tim Marketing Engineering via Whatsapp atau bisa terhubung melalui halaman kontak kami.

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?