Jenis Perkerasan Jalan Raya dan Penjelasan Lengkapnya

Jenis Perkerasan Jalan Raya dan Penjelasan Lengkapnya

Bagikan Artikel Ini:

Agar lebih mengenal apa saja tipe dan jenis – jenis perkerasan jalan raya, mari kita pelajari bersama di blog CV. Mutu Utama Geoteknik berikut.

Penjelasan Tipe Perkerasan Jalan Raya

Yuk kenali beragam jenis atau tipe pekerasan jalan raya yang ada di Indonesia. Dengan kita mempelajari jenisnya, maka diharapkan kita akan mudah mengetahui jenis dan penjelasannya, berikut ulasannya.

1. Perkerasan Lentur (Flexible Pavement)

Flexible Pavement adalah perkerasan jalan yang menggunakan material aspal. Perkerasan ini umumnya digunakan pada konstruksi jalan raya perkotaan yang lalulintas kendaraannya padat. Material pekerasan ini terdiri dari material pasir, batu dan aspal.

jenis perkerasan jalan lentur Flexible Pavement
jenis perkerasan jalan lentur Flexible Pavement

Lapisan perkerasan jalan terdiri dari material aspal dibagian atas, kemudian pondasi bawah atau lapisan perkerasan tanah dasar.  Namun jika lapisan tanah dasar lunak, umumnya juga di kombinasikan dengan mengaplikasikan material produk geosintetik untuk perkuatan dan stabilisasi tanah dasar.

2. Perkerasan Kaku (Rigid Pavement)

Rigid Pavement yaitu perkerasan jalan raya dengan menggunakan material cor beton yang terdiri dari pasir, batu, semen dan rangka besi sebagai tulangan.

jenis Perkerasan Kaku Rigid Pavement
jenis Perkerasan Kaku Rigid Pavement

Lapisan perkerasan kaku ini terdiri dari lapis tanah dasar, cor beton menggunakan rangka besi atau tanpa rangkas besi sebagai tulangan. Umumnya jenis jalan dengan perkerasan kaku dibangun pada jalan raya yang khusus untuk kendaraan berat dan berkecapatan tinggi seperti di jalan tol.

3. Perkerasan Komposit (Composite Pavement)

Composite pavement merupakan gabungan perkerasan jalan raya yang terdiri dari material gabungan antara lain material cor beton, aspal dan lapisan tanah dasar.

tipe Perkerasan Komposit Composite Pavement
tipe Perkerasan Komposit Composite Pavement

Perkerasan jalan gabungan ini dibangun khusus untuk lalulintas kendaraan yang tidak terlalu padat, misalnya untuk jalur pinggiran kota dan pedesaaan.

Dari beragam tipe perkerasan jalan raya diatas baik itu dengan material aspal, beton atau gabungan mana yang sering Anda jumpai di daerahmu?

Tentu beragam ya disetiap daerah di Indonesia, khususnya di perkotaan besar pasti banyak konstruksi jalan yang termasuk tipe perkerasan kaku untuk jalan tol. Dan untuk di perkotaan kecil dan daerah umumnya banyak kita temui jalan dengan tipe perkerasan lentur.

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?