Kolam Geomembrane untuk Budidaya Ikan Jangka Panjang

Kolam Geomembrane untuk Budidaya Ikan Jangka Panjang - CV Mutu Utama Geoteknik

Bagikan Artikel Ini:

ambKolam Geomembrane untuk budidaya ikan jangka panjang memiliki banyak keunggulan selain praktis dan ekonomis, geomembrane untuk kolam ikan dapat meningkatkan hasil panen ikan berlipat. Yuk simak apa saja keunggulan geomembrane tersebut, selengkapnya disini.

Apa itu Kolam Geomembrane ?

Kolam geomembrane yaitu kolam atau tambak buatan yang berupa cekungan dalam tanah atau diatas permukaan tanah yang dilapisi dengan material tersebut.

Fungsi Geomembrane untuk Kolam Ikan

Geomembrane yang dipasang di dalam tambak ikan berfungsi untuk alas kolam atau lapisan kedap air pada jenis kolam ikan dalam tanah atau diatas permukaan tanah. Fungsi geomembrane dapat membantu mempertahankan volume air agar tidak meresap ketanah dan sekaligus menjaga kualitas air dan kesehatan ikan di dalam tambak tersebut.

Keunggulan Kolam Geomembrane

Berikut berbagai keunggulan dalam penggunaan geomembrane sebagai lapisan kedap air untuk budidaya ikan, simak selengkapnya.

1. Mempertahankan Kualitas Air

Dengan membuat tambak ikan dengan geomembrane, kualitas air akan lebih baik jika dibandingkan tanpa menggunakan lapisan atau hanya dengan lapisan terpal biasa.

Karena geomembrane merupakan lapisan kedap air yang sangat baik untuk membatasi air dalam tambak tidak tercemar dengan air dan tanah diluar tambak.

2. Mempertahankan Suhu Air

Sifat geomembrane yaitu tidak menyerap panas namun tahan akan panas akan membantu mempertahankan suhu fluktuasi pada air tambak.

3. Mengurangi Kematian Ikan

Penggunaan geomembrane dapat membantu mengurangi kematian ikan, karena kondisi air lebih jernih tanpa kontaminasi tanah. Selain itu ikan tidak mudah terserang penyakit atau hama, karena kondisi tambak yang jernih akan mudah dalam mengontrol kondisi ikan.

4. Kualitas Ikan Tidak Bau Tanah

Aplikasi geomembrane dalam budidaya ikan jauh lebih baik jika dibandingkan budidaya ikan di ta tanah. Karena biasanya ikan yang berada dalam tambak tanah ikan berbau tanah, hal tersebut tentu dapat mengurangi kualitas dan penurunan minat beli konsumen.

5. Meningkatkan Hasil Panel Berlipat

Dengan menggunakan geomembrane saat budidaya ikan, tentu keunggulan seperti yang sudah dijelaskan diatas, hal ini akan mempengaruhi hasil panen ikan yang lebih baik dan berlipat.

Sebagai informasi, jika Anda ingin membuat kolam geomembrane untuk budidaya berbagai jenis ikan. Kami CV. Mutu Utama Geoteknik merupakan supplier geomembrane dan melayani jasa pemasangan geomembrane untuk pembuatan kolam tambak ikan yang menjangkau seluruh Indonesia.

Untuk informasi dan konsultasi kebutuhan geomembrane, silahkan hubungi kami melalui halaman kontak kami. Atau bisa langsung menghubungi tim Marketing Engineering kami melalui Whatsapp berikut.

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?