Kolam Pengendapan Lumpur Anti Rembes dengan Geomembrane

Kolam Pengendapan Lumpur Anti Rembes dengan Geomembrane

Bagikan Artikel Ini:

Kolam pengendapan lumpur anti rembes dengan memasang lapisan kedap air berupa Geomembrane untuk mencegah kebocoran dan pencemaran lingkungan.

Lalu apa yang dimaksud kolam pengendapan?  Dan apa saja fungsi dari Geomembrane pada kolam pengedapan tersebut, simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Apa itu Kolam Pengendapan Lumpur?

Kolam Pengendapan Lumpur (KPL) atau Settling Pond adalah kolam buatan pada area pertambangan yang digunakan untuk menampung dan mengendapkan air limpasan yang berasal dari lokasi penambangan atau tempat penimbunan material sementara.

Kemudian setelah partikel atau lumpur dalam air limpasan tersebut mengendap, barulah dialirkan menuju tempat pembuangan akhir seperti sungai, danau dan rawa-rawa.

Permasalahan Settling Pond Tambang

Seperti fungsinya, settling pond pada area pertambangan digunakan untuk menampung air limpasan tambang yang di dalam berupa kandungan bahan kimia dan zat berbahaya lainnya yang juga sering disebut dengan TTS dan TDS.

Air limpasan dari kegiatan penambangan jika tidak ditampung, dikelola dan diproses dengan baik akan berdampak negatif terhadap lingkungan. Berikut beberapa masalah yang sering terjadi pada settling pond tambang, jika tidak dilapisi dengan lapisan kedap air.

  1. Kolam pengendapan mudah rembes karena tidak dipasang lapisan kedap
  2. Terjadi kebocoran pada kolam pengendapan akibat tidak ada lapisan kedap air
  3. Terjadi penumpukan lumpur yang bercampur dengan tanah dibawahnya
  4. Air dan lumpur pada settling pond tambang dapat mencemari air dan tanah di lingkungan sekitar.

Solusi Settling Pond Tambang Anti Rembes

Untuk mengatasi berbagai masalah pada  settling pond di area pertambangan, Geomembrane menjadi solusi terbaik untuk mengatasi masalah kebocoran pada kolam pengendapan lumpur tersebut.

Fungsi Geomembrane untuk Settling Pond

Geomembrane adalah material kedap air yang diproduksi dari bahan High Density Polyetylene (HDPE). Keunggulan geomembrane yaitu fleksibel, kuat, tahan terhadap zat cair kimia, anti sinar UV dan tidak mudah retak atau pecah.

Pemasangan Geomembrane untuk kolam pengendapan lumpur tambang berfungsi untuk melapisi dasar kolam, dinding kolam untuk mencegah rembes dan kebocoran. Kolam yang sudah terlapisi geomembrane dapat mengurangi resiko rembesnya air dan kebocoran, sehingga tidak menimbulkan pencemaran air dan tanah disekitarnya.

Baca juga: Fungsi Geomembrane Untuk Kegiatan Penambangan lainnya

Dengan pemanfaatan Geomembrane untuk berbagai aktifitas pertambangan, diharapkan dapat menjadi solusi terbaik untuk masalah pengelolaan air limpasan yang ditampung pada kolam pengendapan atau settling pond.

Sebagai informasi, untuk berbagai kebutuhan Geomembrane pada kegiatan penambangan, kami CV. Mutu Utama Geoteknik merupakan supplier Geomembrane di Indonesia. Kami melayani penjualan, jasa pengiriman dan jasa pemasangan geomembrane untuk beragam kebutuhan proyek Anda.

settling pond dengan geomembrane

Hubungi tim Marketing Engineer kami melalui halaman kontak kami, atau langsung melalui Whatsapp yang tertera di halaman website ini, untuk informasi selengkapnya. Terima kasih.

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?