Konsolidasi Tanah Lunak Lebih Cepat Gunakan Geotextile

Konsolidasi Tanah Lunak Lebih Cepat Gunakan Geotextile dan Metode Prefabricated Vertical Drain (PVD)

Bagikan Artikel Ini:

Konsolidasi Tanah Lunak Lebih Cepat Gunakan Geotextile dan Metode Prefabricated Vertical Drain (PVD) untuk Mempercepat Pemadatan Tanah

Mengenal Teknologi Konsolidasi Tanah dengan Geotextile dan Metode PVD

Dikutip dari halaman Litbang Kementerian PUPR, Prefabricated Vertical Drain (PVD) atau juga dikenal dengan teknologi Vertical Drain adalah material yang digunakan pada metode pemadatan tanah menggunakan teknologi Vacuum Consolidation Method (VCM).

Teknologi VCM merupakan metode yang digunakan untuk memampatkan lapisan tanah lunak pada daerah rawa (tanah dengan banyak kandungan airnya) dengan kapasitas daya dukung tanah dasar yang rendah. Sehingga tanah dasar tersebut dapat memenuhi syarat sebagai landasan konstruksi di atasnya yang kuat sebagai konstruksi tanah, dikutip juga dari Dirperkim Kab. Demak.

Cara Kerja PVD untuk Konsolidasi Tanah

Sebagai gambaran yang lebih mudah, prinsip kerja metode Prefabricated Vertical Drain (PVD) yaitu:

  • Memperpendek jalur keluar air, jalurnya menjadi horizontal menuju material vertical drain
  • Memanfaatkan nilai permeabilitas tanah lempung yang lebih baik pada arah horizontal

Demikian beragam prinsip kerja metode PVD yang kami kutip dari Clapeyronmedia Sipiloka.

Metode pemasangan Vertical Drain atau drainase vertikal tentu memiliki fungsi atau tujuan, berikut penjelasan selengkapnya.

Fungsi dan Tujuan Penggunaan Geotextile dan PVD

Fungsi PVD adalah untuk mempersingkat jarak tempuh air pada pori-pori tanah sehingga mengurangi waktu yang diperlukan untuk membuat tanah padat karna Air akan mengalir secara lateral ke saluran terdekat, lebih cepat dibandingkan aliran vertikal (tanpa PVD).

Tujuan dilakukan Prefabricated Vertical Drain (PVD) yaitu untuk mempercepat proses disipasi tekanan air pori berlebih (excess pore water pressure) dengan bantuan beban pre-loading, sehingga proses penurunan menjadi lebih singkat. Jadi metode PVD tersebut sangat efektif untuk meningkatkan kuat geser tanah secara cepat.

Material untuk Vertical Drain

Dalam proyek perbaikan dan perkuatan tanah untuk mendapatkan daya dukung yang baik, diperlukan metode peningkatan daya dukung tanah seperti PVD. Sebagai informasi, metode vertical drain terdiri dari beberapa lembaran – lembaran material sintetik untuk drainase vertikal (Vertical Drain). Material Vertical Drain ini panjangnya bisa disesuaikan. Material Vertical Drain tersebut dibuat dengan kombinasi dua material sintetik inti core (inti drain) dan selimut drain (lapisan pembungkus) berupa material Geotextile.

jual geotextile

Aplikasi Geotextile dan Metode PVD

Metode PVD kini sudah banyak sekali digunakan oleh berbagai kontraktor di Indonesia dalam proyek meningkatkan daya dukung tanah untuk pembangunan berbagai infrastrukur. Berikut ini beberapa proyek di Indonesia yang sudah menggunakan metode PVD selengkapnya.

  1. Proyek timbunan jalan dan jalan kereta api
  2. Proyek pembangunan dan perkuatan tanggul-tanggul
  3. Proyek prepembebanan untuk area penimbunan/tempat pembuangan
  4. Proyek konstruksi lepas pantai dan dekat pantai
  5. Proyek reklamasi
  6. Proyek pelabuhan dan lapangan terbang

Keunggulan Penggunaan Geotextile dan Metode PVD untuk Konsolidasi Tanah

Dalam proyek besar seperti pembangunan jalan tol, perumahan, gedung dan perkantoran dibutuhkan daya dukung tanah yang baik, sehingga tanah tersebut dapat memenuhi pesyaratan untuk dilaksanakannya pembangunan di atasnya.

Berikut ini adalah berbagai keuntungan dan keunggulan dari penggunaan metode PVD atau Vertical Drain diantaranya.

  1. Mengurangi beban tambahan untuk mencapai kepadatan sesuai standar
  2. Metode PVD lebih mudah dibandingkan dengan metode Sand Drain
  3. Metode PVD lebih cepat dan sangat efektif memangkas waktu pengerjaan
  4. Ukuran material relative kecil, yang meminimalisir efek gangguan terhadap tanah eksisting
  5. Material vertical drain yang digunakan lebih fleksibel, sehingga aliran air tidak terganggu saat tertekuk akibat konsolidasi
  6. Metode PVD lebih ekomonis

Demikian informasi terkait pengertian PVD dari fungsi, jenis material, aplikasi hingga keunggulanannya. Sebagai informasi kami CV. Mutu Utama Geoteknik merupakan supplier berbagai jenis Geotextile untuk metode PVD atau Prefabricated Vertical Drain.

Selain itu kami juga menyediakan berbagai jenis geosintetik lainnya yang bisa Anda dapatkan informasi penawaran harga melalui tim Marekting Engineer kami di halaman kontak kami. Terima kasih

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?