Limbah Tambang Ramah Lingkungan dengan Geomembrane

Limbah Tambang Ramah Lingkungan dengan Geomembrane

Bagikan Artikel Ini:

Limbah tambang ramah lingkungan dengan Geomembrane untuk pelapis kedap air untuk mencegah kebocoran kolam penampungan limbah pertambangan atau juga lebih dikenal sebagai settling pond.

Kenapa harus menggunakan Geomembrane pada kolam penampungan limbah, apa saja fungsi geomembrane dan keunggulannya, bagaimana contoh pengaplikasiannya yuk simak penjelasan berikut:

Permasalahan Kolam Limbah Pertambangan

Apa saja permasalahan pada kolam limbah di pertambangan?

Seperti fungsinya kolam limbah atau settling pond di area pertambangan digunakan untuk menampung air limpasan tambang yang di dalam berupa kandungan bahan kimia dan zat berbahaya lainnya yang juga sering disebut dengan padatan tersuspensi (TSS) dan padatan terlarut (TDS).

Air limpasan dari kegiatan penambangan jika tidak ditampung, dikelola dan diproses dengan baik akan berdampak negatif terhadap lingkungan. Berikut beberapa masalah yang sering terjadi pada settling pond tambang, jika tidak dilapisi dengan lapisan kedap air.

  1. Kolam pengendapan lumpur mudah rembes karena tidak dipasang lapisan kedap.
  2. Terjadi kebocoran pada kolam pengendapan akibat tidak ada lapisan kedap air.
  3. Terjadi penumpukan lumpur yang bercampur dengan tanah dibawahnya.
  4. Air dan lumpur pada settling pond tambang dapat mencemari air dan tanah di lingkungan sekitar.

Fungsi Geomembrane Kolam Limbah Tambang

Apa saja fungsi Geomembrane pada kolam limbah di pertambangan? Geomembrane adalah material kedap air yang berbentuk seperti terpal, namun geomembrane diproduksi dari bahan Polietilena berdensitas tinggi (High-density polyethylene).

Fungsi geomembrane yang dipasang pada kolam limbah tambang yaitu digunakan untuk lapisan kedap air yang sangat tahan terhadap bahan kimia. Sehingga dengan pengaplikasian geomembrane pada kolam limbah pertambangan dapat mengurangi resiko rembes atau bocor.

Dokumentasi Pemasangan Geomembrane untuk Kolam Limbah

Berikut ini adalah salah satu contoh pengaplikasian geomembrane untuk material pelapis kedap air pada kolam limbah pertambangan.

Demikian informasi terkait penggunaan Geomembrane untuk pelapis kedap air untuk mencegah kebocoran limbah pertambangan.

Sebagai informasi kami CV. Mutu Utama Geoteknik merupakan supplier Geomembrane di Indonesia. Kami melayani konsultasi pemilihan produk, jasa pengiriman dan jasa pasang geomembrane untuk beragam kebutuhan salah satunya pada area pertambangan.

geomembrane untuk tambang

Untuk bisa berkomunikasi dan berkonsultasi akan kebutuhan Geomembrane pada perusahaan Anda, silahkan hubungi tim Marketing Engineering kami melalui halaman kontak kami. Terima kasih

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?