Perbedaan Geotextile dan Geomembrane dari Bentuk dan Fungsinya

Perbedaan Geotextile dan Geomembrane dari Bentuk dan Fungsinya

Bagikan Artikel Ini:

Perbedaan Geotextile dan Geomembrane sangat jelas jika dilihat dari bentuk fisik dan fungsi dari masing-masing material tersebut. Untuk mengetahui lebih lanjut perbedaan kedua material tersebut, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Perbedaan dari Jenisnya dan Bahannya

Geotextile terdiri dari dua jenis, yaitu Geotextile Woven yang diproduksi dari bahan Polypropylene polymer (PP) dan jenis lainnya yaitu Geotextile Non Woven diproduksi dari bahan polimer Polyesther (PET) dan Polypropylene (PP).

Sedangkan Geomembrane terdiri dari dua jenis juga yaitu Geomembrane HDPE diproduksi dari bahan Polietilena berdensitas tinggi (High density polyethylene). Dan jenis lainnya yaitu Geomembrane LDPE diproduksid dari bahan Polietilena berdensitas rendah (Low-Density Polyethylene).

Perbedaan Bentuk

Jika dari bentuk fisiknya, tentu akan lebih mudah menemukan perbedaan geotextile dan geomembrane. Berikut penjelasan selengkapnya yang bisa kamu lihat pada gambar masing-masing jenis geotextile dan geomembrane.

1. Geotextile Woven

Geotextile memiliki bentuk fisik seperti pita plastik hitam yang dianyam sehingga jika dilihat seperti karpet berwarna hitam. Karena diproduksi dengan cara dianyam sehingga geotextile tersebut dinamakan geotextile woven.

2. Geotextile Non Woven

Jika geotextile woven dianyam dengan pita plastik, berbeda dengan geotextile non woven yaitu diproduksi dari serat bahan polimer Polyesther yang tidak teranyam disusun tidak beraturan. Jika dilihat secara fisik, geotextile non woven seperti karpet yang berwarna putih, namun ada juga yang berwarna abu-abu dan hitam.

3. Geomembrane HDPE

Geomembrane HDPE memiliki ciri-ciri fisik berbentuk seperti terpal plastik berwarna hitam mengkilap. Sehingga banyak orang awam menyebutnya dengan nama terpal HDPE.

4. Geomembrane LDPE

Sedangkan Geomembrane LDPE sebenarnya kalau dilihat dari warnanya sangat mirip dengan Geomembrane HDPE yaitu sama-sama warnanya hitam mengkilap.

Perbedaan Fungsi

Masing-masing material baik Geotextile dan Geomembrane memiliki fungsi yang berbeda. Namun kedua material ini bisa digunakan secara bersama dalam satu fungsi sesuai kebutuhan diproyek. Berikut penjelasan selengkapnya dari masing-masing fungsi Geomembrane dan Geotextile.

1. Fungsi Geotextile Woven dan Non Woven

Geotextile woven dan non woven berfungsi untuk material separasi, filtrasi dan stabilisasi pada perbaikan tanah atau stabilisasi tanah. Dengan dipasangnya Geotextile diatas tanah dasar dan dibawah timbunan berfungsi menjadi separasi dan filtrasi, sehingga tanah dasar dan timbunan tidak akan tercampur menjadi tanah lebih stabil.

Selain itu, geotextile woven yang terpasang pada lapisan tanah dasar selain untuk separasi dan filtrasi dapat juga digunakan untuk stabilisasi tanah dan perkuatan tanah untuk proyek perbaikan jalan.

2. Fungsi Geomembrane HDPE dan LDPE

Material geomembrane sering digunakan untuk lapis kedap air pada proyek pembuatan berbagai jenis kolam atau tempat penampungan air bersih atau limbah cair. Geomembrane memiliki sifat kedap air dapat menahan cairan dalam kolam agar tidak meresap ke tanah.

Jika diaplikasikan di sanitary landfill atau tempat pembuangan sampah, geomembrane digunakan untuk lapisan pelindung agar air lindi atau air sampah tidak mencemari lingkungan sekitar. Selain itu, selain untuk lapisan kedap air, geomembrane pada TPA juga digunakan untuk penutup sampah, sehingga gas metana tidak mencemari udara, melainkan dapat dimanfaatkan untuk gas alternatif.

Fungsi geomembrane selain untuk lapis kedap dapat juga digunakan untuk stabilisasi tanah untuk perbaikan dan pembangunan jalan diatas tanah lunak atau gambut.

Sekian informasi tentang perbedaan geotextile dan geomembrane yang kami rangkum berdasarkan perbedaan dari bahan, bentuk dan masing-masing fungsinya.

Sebagai informasi, kami CV. Mutu Utama Geoteknik merupakan supplier produk geosintetik terlengkap, yang juga menjual berbagai jenis Geotextile dan Geomembrane. Kami melayani konsultasi pemilihan produk, penjualan, jasa pengiriman dan jasa pemasangan geomembrane dan geotextile untuk berbagai proyek di Indonesia.

Hubungi tim Marketing Engineering kami melalui Whatsapp atau kontak lain yang bisa diakses di halaman kontak kami.

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?