Potensi Tambak Udang Vaname Dengan Geomembrane

Potensi Tambak Udang Vaname Dengan Geomembrane - CV Mutu Utama Geoteknik

Bagikan Artikel Ini:

Potensi penggunaan Geomembrane untuk alas tambak udang vaname, guna meningkatkan produksi tambak berlipat. Yuk baca selengkapnya apa itu Geomembrane? Bagaimana aplikasinya dan seperti apa cara budidaya udang vaname agar produsi bisa berlipat, simak selengkapnya di sini.

Mengenal Geomembrane untuk Tambak

Geomembrane adalah material sintetik yang berupa lembaran dan terbuat dari bahan polimer. Saat ini geomembrane sudah banyak di aplikasikan untuk alas tambak udang  (pelapis tambak). Selain tambak udang, kini sudah banyak petambak yang memanfaatkan Geomembrane untuk pembuatan kolam ikan dan sejenisnya.

Apa saja sih potensi tambak udang vanane dengan geomembrane? Untuk mengetahui apa saja potensi dan keuntungan yang bisa dirasakan oleh petambak udang, berikut penjelasannya.

Kolam Udang Vaname Menggunakan Geomembrane

Banyak keuntungan dan kelebihan dari penggunaan material Geomembrane untuk pelapis kolam tambak. Apa saja keuntungan yang bisa dirasakan oleh petani, berikut ulasannya.

1. Air Tidak Mudah Keruh

Tambak udang vaname yang menggunakan geomembrane, kondisi airnya lebih jernih dan tidak mudah keruh. Hal ini dikarenakan geomembrane yang terpasang pada tambak berfungsi mengurangi tercampurnya air dengan tanah

2. Tambak Tidak Mudah Bocor

Pemanfaatan geomembrane untuk kolam udang vaname atau alas tambak udang dapat mengurangi potensi kebocoran air atau rembesan. Karena material geomembrane tidak mudah tergores, tertusuk dan anti radiasi sinar matahari, sekaligus tidak mudah rapuh.

3. Tidak Banyak Lumpur

Tambak yang sudah menggunakan geomembrane sebagai pelapis, tentu tidak mudah terkontaminasi oleh kotoran dari luar kolam. Karena geomembrane sebagai pelapis kedap akan melindungi air tambak bercampur lumpur.

4. Lebih Mudah Mengontrol Udang

Dengan memanfaatkan Geomembrane sebagai alas kolam udang, tentu akan lebih memudahkan petambak dalam mengontrol udang. Karena tentu saja kualitas air lebih baik dan jernih akan lebih memudahkan dalam pengontrolannya.

5. Lebih Praktis dan Ekonomis

Sudah banyak para petani tambak udang vaname di Indonesia yang merasakan manfaat dan potensi penggunaan geomembrane ini. Alasannya penggunaan geomembrane ini banyak dirasakan lebih praktis pemasangannya, dapat digunakan hingga waktu yang lama dan biaya lebih murah jika dibandingkan dengan kolam biasa.

Sebagai informasi, menurut Bapak Syarial selaku Kepala BBPBAP Jepara yang kami kutip dari halaman Kementerian KKP RI. Beliau menjelaskan, pemanfaatan geomembrane untuk alas tambak ini juga sudah dijadikan percontohan tambak udang berkelanjutan. Penjelasan tersebut yaitu telah dibangun 3 petak budidaya dengan luasan @1.500 m2, 1 petak tandon luasan 2.000 m² dan 1 petak saluran buang sekaligus pengolah air buangan dengan luas 1.000 m².

Kemudian konstruksi tambak dilapisi geomembrane dengan ketebalan 500 mikron, sumber air berasal dari laut, padat tebar 100 ekor/m² udang vaname. Kemudian dilengkapi kincir sebagai suplay oksigen serta pakan buatan berupa pelet udang. Dengan luas petakan budidaya udang 4500 m2 mampu menghasilkan panen udang sebanyak 9 ton.

Demikian informasi yang bisa rangkum untuk Anda petani tambak udang. Mudah-mudahan dengan informasi ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan produksi tambak udang vaname Anda.

Sebagai informasi tambahan, kami CV. Mutu Utama Geoteknik adalah supplier geomembrane dan juga melayani jasa pemasangan geomembrane yang menjangkau seluruh Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa menghubungi kami melalui halaman kontak kami

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?