Proyek Perkuatan Lereng dengan Geogrid di PLTM Parmonangan

Proyek Perkuatan Lereng dengan Geogrid di PLTM Parmonangan

Bagikan Artikel Ini:

Proyek perkuatan lereng dengan Geogrid dan Geotextile di PLTM Parmonangan, Kab. Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Dikutip dari halaman Hutama Karya, selaku kontrakan utama pekerjaan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) Parmonangan. Proyek ini dimulai pada tahun 2019 kemudian selesai dipertenganan tahun 2021. 

Dokumentasi Proyek Perkuatan Lereng di PLTM Parmonangan

Untuk mengetahui beberapa dokumentasi proyek pemasangan geogrid dan geotextile pada proyek di PLTM Parmonangan oleh kami CV. Mutu Utama Geoteknik selaku supplier material dan jasa pemasangan geogrid dan geotextile, berikut beberapa dokumentasinya.

Perkuatan Lereng dengan Geogrid dan Geotextile

Lokasi Proyek Perkuatan Lereng di PLTM Parmonangan Tapanuli Utara Sumatera Utara

Mengenal Geogrid, Fungsi dan Keunggulannya

Geogrid adalah salah satu jenis Geosintetik yang dibuat dari bahan High Density Polyethylene (HDPE) atau Polipropilena (PP) berbentuk grid atau jaringan yang beraturan dan terhubung satu sama lainnya. Geogrid terdiri dari tiga jenis bentuk yaitu dengan lubang persegi panjang, dengan lubang berbentuk persegi dan Geogrid dengan lubang berbentuk segitiga. Exogrid diproduksi dengan teknologi canggih dan berstandar nasional Indonesia.

Fungsi Geogrid untuk Lereng

Geogrid berfungsi untuk material perkuatan (Reinforcement) untuk mengunci agregat pada perkuatan lereng, seperti pada proyek perkuatan lereng di PLTM Parmonangan tersebut. Sehingga permukaan lereng lebih stabil dan kuat, untuk meminimalisir longsor permukaan.

Kenggulan Geogrid Yang Dipasang Pada Lereng

  1. Kekuatan tinggi pada pembebanan jangka panjang
  2. Kuat tarik tinggi pada elongasi rendah akibat dari perilaku rangkak yang rendah
  3. Interlocking yang sangat baik
  4. Ketahanan terhadap sinar UV
  5. Ketahanan biologi dan kimia sangat baik

Mengenal Geotextile, Fungsi dan Keunggulannya

Geotextile adalah material sintetik yang berupa lembaran dan dibuat dari bahan dasar Polypropylene (PP) atau Polyester (PET) dengan cara dianyam maupun tidak teranyam. Geotextile memiliki kekuatan tarik yang tinggi, kekuatan terhadap tusukan, sobekan, kemuluran, dan juga ketahanan terhadap mikroorganisme, bakteri, jamur dan bahan-bahan kimia.

Fungsi Geotextile Pada Lereng

Geotextile yang dipasang pada lereng berfungsi sebagai lapisan material yang digunakan untuk separasi, filtrasi dan drainase yaitu dapat memisahkan material timbunan yang berbeda, kemudian dapat mengalirkan air tanpa membawa material. Sehingga pada proyek perkuatan lereng, pemasangan geotextile sangat bagus digunakan untuk mengatasi erosi permukaan lereng.

Keunggulan Geotextile untuk Lereng

  1. Memiliki bukaan pori kecil dengan permeabilitas yang tinggi, sehingga air dapat mengalir tanpa membawa material.
  2. Memiliki ketahanan mekanik dan hidrolik yang sangat baik sebagai material pemisah dan penyaring.
  3. Tahan terhadap sinar UV.

Demikian dokumentasi proyek perkuatan lereng pada PLTM Parmonangan dari kami CV. Mutu Utama Geoteknik selaku supplier Geotextile dan Geogrid sekaligus selaku aplikator atau teknisi pemasangan material tersebut.

jual geogrid

Jika Anda membutuhkan informasi terkait dengan kebutuhan material Geogrid, Geotextile dan material lainnya, silahkan hubungi kami melalui tim Marketing Engineer kami untuk permintaan penawaran harga. Terima kasih.

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?