Tambak Udang Kebumen Gunakan Geomembrane, Ini Fungsinya

Tambak Udang Kebumen Gunakan Geomembrane Ini Fungsinya

Bagikan Artikel Ini:

Tambak udang Kebumen ternyata pakai Geomembrane, kenapa harus pakai geomembrane? Yuk simak fungsi Geomembrane untuk tambak udang vaname biar panen semakin melimpah.

Sebelum kita tahu apa itu Geomembrane, yuk kita lihat dulu seperti apa tambak udang kebumen berbasis kawasan yang diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis, 9 Maret 2023 di Desa Plesung,  Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah.

Sebagai informasi tambak udang berbasis kawasan yang berlokasi di Kebumen ini kawasan budidaya udang tersebut menghabiskan anggaran Rp175. Dengan luas 60 hektare dan diperkirakan akan menghasilkan panen udang vaname 40 ton dari setiap hektarenya, dikutip dari Youtube Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Nah, tentu belum banyak yang tahu, ternyata tambak udang berbasis kawasan di Kebumen tersebut semua tambak atau kolam dilapisi dengan Geomembrane sebagai lapisan pada dasar dan dinding kolam. Yuk cari tahu apa itu geomembrane, fungsi dan keuntungannya bagi pembudidaya tambak udang dan ikan.

Mengenal Geomembrane

Geomembrane adalah salah satu jenis geosintetik yang berbahan dasar HDPE dan memiliki bentuk fisik seperti lembaran plastik berwarna hitam. Material geomembrane memiliki keunggulan diantarnya:

  • Kedap Air dan Udara
  • Tahan Terhadap Paparan Sinar Ultraviolet (UV)
  • Tahan Terhadap Cairan/Zat Kimia
  • Perawatan dan Perbaikan Mudah
  • Kuat dan Tahan Lama

Fungsi Geomembrane untuk Tambak

Ada banyak sekali fungsi geomembrane yang bisa Anda rasakan sebagai petambak udang, berikut beberapa fungsi utama geomembrane yang dipasang pada tambak.

  • Melapisi permukaan dasar dan dinding kolam
  • Sebagai material pemisah (separasi) antara tanah dan air tambak
  • Membantu melindungi udang dan ikan dari bakteri, virus yang berasal dari tanah
  • Dengan menggunakan lapisan geomembrane pada tambak, biaya perawatan air dan udang / ikan semakin ekonomis

Keuntungan Penggunaan Geomembrane Pada Tambak Udang

Apa saja sih keuntungan pembudidaya udang vaname yang memanfaatkan geomembrane untuk lapisan kedap air pada kolam, berikut informasi selengkapnya.

1. Perawatan tambak lebih mudah

Jika kolam tanah perawatan antarmusim budidaya hingga 30 hari, dengan kolam geomembrane cukup membutuhkan waktu satu mingguan.

2. Kualitas air lebih baik

Pelapisan geomembrane pada kolam, akan membantu meminimalisir kekeruhan air akibat tercampurnya tanah dan kotoran udang. Berbeda dengan kolam tanah, pasti akan lebih mudah kotor.

Selain itu pembersihan dasar dan dinding kolam selama budidaya lebih mudah dilakukan.

3. Padat tebar udang lebih banyak

Dengan kolam yang bersih dan luas tentu akan membantu meningkatkan kapasitas tebar benih dan daya tampung kolam meningkat.

4. Daur hara lebih singkat

Daur hara lebih singkat dikarenakan tidak ada elemen tanah di dalam kolam, sehingga mempercepat proses daur hara (daur nutrien)

Sebagai informasi kami CV. Mutu Utama Geoteknik merupakan supplier geomembrane untuk berbagai kebutuhan tambak udang dan ikan. Kami melayani penjualan, jasa pengiriman dan jasa instalasi geomembrane pada kolam tambak udang dan ikan menggunakan peralatan modern dan teknisi berpengalaman.

Hubunngi tim Marketing Engineering kami melalui Whatsapp atau bisa mengunjungi halaman kontak kami. terima kasih

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?