Aplikasi Geosintetik Pada Pembangunan Jalan Tol Menuju IKN

Aplikasi Geosintetik Pada Pembangunan Jalan Tol Menuju IKN

Bagikan Artikel Ini:

Aplikasi Geosintetik Pada Pembangunan Jalan Tol Menuju IKN digunakan untuk material Separasi, Filtrasi, Drainase dan Perkuatan pada Tanah.

Dikutip dari halaman berita Kementerian PUPR, kini proyek pembangunan jalan tol menuju IKN dipercepat guna meningkatkan konektivitas IKN.

Jalan tol yang akan terhubung dengan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) ini akan mempersingkat jarak tempuh dari Balikpapan menuju Kawasan Inti IKN, yang sebelumnya dari sekitar dua jam menjadi hanya sekitar 30 menit.

Seperti yang kita ketahui bersama, dalam pembangunan infrastruktur jalan dibutuhkan berbagai jenis material utama untuk perkerasan seperti pasir, batu, kerikil dan semen. Namun, tidak banyak yang tahu kalau ternyata sebelum membangun jalan tol, juga dibutuhkan material Geosintetik.

Apa saja jenis Geosintetik yang digunakan dalam proyek pembangunan jalan tol di IKN? Dan apa fungsi material tersebut, simak informasinya berikut.

Mengenal Geosintetik

Geosintetik adalah material sintetik khusus yang digunakan untuk kebutuhan proyek Geoteknik yaitu pada proyek penanganan, stabilisasi dan perkerasan tanah sebelum pembangunan jalan tol, seperti proyek jalan tol IKN.

Jenis Geosintetik untuk Jalan Tol IKN

Apa saja sih jenis – jenis material Geosintetik yang digunakan pada berbagai proyek jalan tol yang ada di IKN, yuk simak informasi selengkapnya disini.

1. Geotextile

supplier geotextile MTEX

Fungsi geotextile sebagai material perkuatan, anti kontaminasi dan filtrasi. Aplikasinya yaitu digunakan untuk sistem perkuatan tanah pada lereng, lapisan kedap untuk jalan aspal, sebagai pemisah pada material timbunan diatas tanah lunak, stabilasi subgrade jalan raya dan filtrasi pada dibawah permukaan tanah.

Penggunaan geotextile dapat diaplikasikan untuk berbagai proyek perbaikan, perkuatan dan stabilisasi tanah contohnya pekerjaan konstruksi jalan, lapangan olahraga, pembuatan tanggul, pengendalian erosi, pengendalian abrasi, pembuatan sistem drainase dan filtrasi.

2. Geogrid

supplier geogrid EXOGRID

Geogrid berfungsi sebagai material perkuatan tanah atau dalam kalangan kontraktor biasa disebutkan untuk penulangan jalan. Selain itu geogrid banyak juga diaplikasikan untuk perkuatan lereng untuk mencegah erosi permukaan.

Geogrid dapat diaplikasikan pada rekayasa perkuatan lereng, timbunan, stabilisasi subgrade dan perkuatan lapisan beton aspal.

3. Geomat

csupplier-Geomat-ENVIMATE

Geomat adalah material yang berfungsi menstabilkan permukaan tanah pada awal pembentukan lereng dan juga membantu vegetasi tumbuh sekaligus menahan benih tanaman serta tanah yang telah dimasukkan kedalamnya.

Pada proyek jalan tol, Geomat digunakan sebagai material geosintetik yang berfungsi untuk konservasi tanah pada pengendalian erosi, perlindungan lereng,

4. Geocell

Supplier Geocell STRIPCELL indonesia

Apa itu Geocell? Geocell merupakan salah satu jenis geosintetik yang berfungsi untuk menahan dan menstabilkan tanah. Material tersebut berbentuk jaringan saling mengait sehingga dapat mengekang material timbunan.

Penggunaan geocell kini tidak hanya digunakan pada struktur lapisan konstruksi jalan tol baik pada tanah dasar (subgrade), lereng atau tebing jalan tol.

Demikian informasi terkait aplikasi Geosintetik pada pembangunan jalan tol IKN. Sebagai informasi kami CV. Mutu Utama Geoteknik adalah perusahaan supplier Geosintetik terlengkap menjual dan melayani jasa pengiriman material ke seluruh Indonesia.

Untuk informasi dan permintaan harga geosintetik sesuai jenis yang Anda butuhkan untuk jalan tol ataupun proyek lainnya silahkan menghubungi Tim Marketing Engineer kami melalui halaman kontak kami. Terima kasih.

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?