Aplikasi Geosintetik Pada Struktur Jalan Rel Kereta Api

Aplikasi Geosintetik Pada Struktur Jalan Rel Kereta Api

Bagikan Artikel Ini:

Aplikasi Geosintetik pada struktur jalan rel kereta api, berfungsi untuk separasi, perkuatan, filtrasi dan drainase pada lapisan ballast atau sub-ballast.

Untuk menyiapkan dan membangun rel kereta api dibutuhkan solusi, inovasi dan teknologi terkini untuk mendukung perkuatan dan kelayakan konstruksi jalan rel kereta api dengan baik.

Salah satu solusi dan inovasi tersebut adalah penggunaan material geosintetik yang terdiri dari Geotextile, Geogrid, dan Geocell.

Dari beragam material tersebut masing-masing memiliki fungsi yang saling mendukung diantaranya untuk separasi, filtrasi, perkuatan dan perlindungan. Berikut penjelasan dari masing-masing material tersebut.

Jenis Geosintetik untuk Struktur Jalan Rel

Apa saja jenis-jenis geosintetik yang dapat diaplikasikan pada proyek pekerjaan struktur jalan rel kereta api, berikut diantaranya.

1. Geotextile

Diaplikasikan untuk lapisan pemisah berfungsi untuk filtrasi dan drainase pada lapisan subgrade konstruksi rel kereta api.

jual geotextile

2. Geogrid

Berfungsi sebagai material perkuatan untuk mengurangi beban tekan dan penurunan lapisan material balas pada konstruksi jalan rel.

jual geogrid

3. Geocell

Digunakan untuk perkuatan diatas lapisan subgrade , berfungsi untuk mengunci material (pengekangan) mencegah longsoran.

jual geocell

Fungsi Geosintetik Pada Struktur Jalan Rel

Beragam material geosintetik di atas memiliki fungsi yang beragam atau fungsi secara kombinasi yang dapat meningkatkan struktur jalan rel, apa saja fungsinya berikut penjelasannya.

1. Separasi

Dengan pemasangan geotextile pada struktur jalan rel berfungsi untuk separasi yaitu memisahkan antara lapisan material yang berbeda pada subgrade, ballast maupun sub-ballast.

Sehingga kedua material yang memiliki karakter berbeda tidak akan bercampur, hal ini memungkinkan untuk meningkatkan kekuatan jalan rel kereta api.

2. Filtrasi

Material geotextile yang diaplikasikan di atas tanah dasar (sub grade) dan dibawah agregat akan dapat menyaring atau menahan material agar tidak terbawa masuk ke dalam atau bercampur. Kemudian aliran air dalam tanah tetap mengalir dengan baik.

Fungsi filtrasi tersebut akan dapat membantu meningkatkan fungsi filtrasi pada lapisan material struktur jalan rel dengan baik, sehingga menjadikan struktur lebih kuat dan stabil.

3. Drainase

Aplikasi pemasangan geotextile pada lapisan jalan rel berfungsi untuk meningkatkan sistem drainase bawah permukaan.

Apabila sistem drainase berjalan dengan baik, makan lapisan-lapisan struktur  tanah dasar, ballast dan sub-ballast akan membantu meminimalisasi kerusakan tanah atau struktur jalan tersebut.

4. Perkuatan

Pemasangan geotextile, geogrid dan geocell pada lapisan-lapisan struktur jalan rel akan membantu meningkatkan stabiliasi dan perkuatan secara keseluruhan.

Demikian informasi terkait dengan aplikasi berbagai jenis geosintetik pada jalan rel kereta api pada lapisan ballast dan sub-ballast, yang berfungsi untuk separasi, filtrasi, drainase, dan perkuatan.

Sebagai informasi, kami CV. Mutu Utama Geoteknik adalah perusahaan supplier yang melayani penjualan, jasa pengiriman dan pemasangan untuk proyek pekerjaan struktur jalan rel di seluruh Indonesia.

geosintetik untuk struktur jalan rel kereta api

Untuk informasi permintaan harga material Geosintetik, jasa pengiriman dan pemasangan silahkan hubungi Tim Marketing Engineer kami melalui halaman kontak kami. Terima kasih

 

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?