Mengenal Subdrain, Sistem Drainase Bawah Permukaan

Subdrain adalah Sistem Drainase Bawah Permukaan atau Underdrain Subsurface Drainage

Bagikan Artikel Ini:

Subdrain adalah sistem drainase bawah permukaan (Underdrain atau Subsurface Drainage ) yang berfungsi untuk resapan air sehingga permukaan tanah tidak tergenang.

Subsurface Drainage atau Subdrain adalah salah satu jenis drainase yang dapat menjadi solusi terbaik untuk sistem drainase di bawah permukaan untuk mengatasi genangan air saat hujan diarea terbuka seperti lapangan bola, lapangan golf, area terbuka hijau dan perumahan.

Lalu, apa saja fungsi atau tujuan sekaligus materiap apa saja yang digunakan untuk pembuatan sistem drainase di bawah permukaan tanah ini, simak selengkapnya disini.

Fungsi dan Tujuan Subdrain

Tujuan pembuatan subdrain yaitu agar aliran air dari permukaan cepat meresap kedalam sistem drainase bawah permukaan dan mengalir dengan cepat ke jalur pembuangan.

Dengan adanya sistem drainase bawah permukaan bertujuan agar permukaan tanah tidak rusak akibat terlalu lama tergenang air.

Material Pembangunan Subdrain

Dalam proyek pembangunan sistem drainase bawah permukaan diperlukan beberapa material seperti pasir, kerikil atau gravel. Selain itu juga dibutuhkan material Geosintetik seperti Geotextile Non Woven, Geopipe dan material lainnya sesuai dengan kebutuhan.

Lalu apa saja fungsi dari masing-masing material diatas, simak informasinya berikut ini.

1. Geopipe

geopipe pipa berlubang dan bergelombang untuk drainase

Geopipe dengan corrugated pipe perforated atau pipa bergelombang dan berlubang berfungsi untuk untuk menangkap dan mengalirkan air menuju pembuangan.

2. Geotextile Non Woven

geotextile non woven untuk filtrasi drainase bawah permukaan

Geotextile Non Woven berfungsi untuk membungkus geopipe sebagai filtrasi untuk mencegah butiran tanah ikut terbawa oleh air.

Aplikasi Pemanfaatan Subdrain

Sistem bawah permukaan dapat diaplikasi pada berbagai infrastruktur drainase seperti area terbuka yang sangat memerlukan sistem drainase yang cepat untuk mengalirkan genangan air, apa saja contonya aplikasinya berikut diantaranya.

1. Lapangan Olahraga

2. Area Publik

  • Taman atau area terbuka hijau
  • Bandara, terminal dan stasiun

3. Area Perumahan dan Perkantoran

  • Perumahan
  • Perkantoran
  • Pabrik dan gudang

Sebagai informasi, kami CV. Mutu Utama Geoteknik adalah perusahaan supplier dan aplikator Geotextile dan Geopipe untuk berbagai jenis proyek sistem drainase di bawah permukaan. Untuk terhubung dengan kami, silahkan hubungi tim Marketing Engineer kami melalui halaman kontak kami.

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?