Gunungkidul, Bangun 5 Embung Geomembrane untuk Irigasi

Gunungkidul, Bangun 5 Embung Geomembrane untuk Irigasi

Bagikan Artikel Ini:

Gunungkidul, bangun 5 Embung Geomembrane untuk irigasi pertanian, konservasi sumber daya air,  dan destinasi wisata alam.

Sebagai informasi yang kami kutip dari Tribun Jogja, sampai tahun 2023 kemarin sudah menyelesaikan pembangunan 5 embung di wilayah Gunungkidul.

Menurut Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul, Rismiyadi mengatakan pembangunan Embung ini merupakan program Direktoral Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian, Kementerian Pertanian RI.

Tujuan Pembangunan Embung di Gunungkidul

Tujuan pembangunan 5 embung di Gunungkidul selama 2023 kemarin yaitu untuk meningkatkan produktivitas pertanian. Karena dibeberapa wilayah tersebut, saat musim kemarau petani kesulitan untuk mendapatkan sumber air untuk irigasi pertanian.

Lalu selain untuk irigasi pertanian apa saja fungsi embung pertanian tersebut, berikut ulasannya.

1. Irigasi Pertanian dan Perikanan

Pemanfaatan embung menjadi sumber irigasi pertanian yang berfungsi mengairi padi pada musim kemarau, tanaman palawija, dan berbagai jenis perikanan seperti kolam ikan dan tambak udang. Dengan demikian lahan persawahan dan perikanan saat musim kemarau dapat mengandalkan pengairan yang berasal dari penampungan air tersebut.

2. Konservasi Sumder Daya Air

Sebagai informasi yang kami kutip dari DLHK D.I Yogyakarta, konservasi sumber daya air dilakukan berfungsi untuk pelestarian sumber daya air dengan mengelola bentang lahan dengan baik sesuai dengan prinsip-prinsip hidrologi dengan cara memperbesar resapan air dan memperkecil aliran permukaan.

Kemudian salah satu cara untuk melestrarikan sumber daya air ini, beberapa yang bisa dilakukan yaitu dengan cara menghijaukan kawasan resapan air, pembuatan terasering dan pembangunan resapan air seperti pembangunan penampungan air dengan geomembrane, sumur resapan, biopori dan dam.

3. Embung untuk Mencegah Banjir

Seperti informasi yang kami kutip dari laman Republika, pakar lingkungan hidup dari IPB Suprihatin mengatakan pemerintah perlu memperbanyak pembuatan [penampungan air untuk mencegah terjadinya banjir, karena manfaat embung salah satunya untuk menampung air hujan langsung dan dari lingkungan sekitar.

4. Destinasi Wisata Lokal

Selain untuk konservasi air, irigasi pertanian dan mencegah banjir. Embung bagi warga sekitar banyak dimanfaatkan sebagai objek wisata lokal yang favorit. Selain bisa menikmati keindahahan alam, warga sekitar bisa memanfaatkan embung untuk wisata pemancingan, penyewaan perahu dan wisata kuliner.

Dari bebagai tujuan pembangunan embung di Gunungkidul tersebut, tentu secara beriringan akan membantu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Demikian informasi terkait dengan pembangunan Embung Geomembrane di Gunungkidul.

Sebagai informasi kami CV. Mutu Utama Geoteknik adalah perusahaan supplier geomembrane yang juga melayani jasa pemasangan geomembrane untuk berbagai proyek Embung, TPA, Kolam Limbah dan Rekonstruksi Jalan dan lainnya.

Jasa Pemasangan Geomembrane

Hubungi tim Marketing Engineer kami melalui halaman kontak kami, untuk permintaan penawaran harga Geomembrane untuk proyek Anda. Terima kasih.

 

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?