Fungsi Geomembrane di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST)

Fungsi Geomembrane di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST)

Bagikan Artikel Ini:

Fungsi Geomembrane di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) untuk tempat pengumpulan, pemilahan, penggunaan ulang, pendauran ulang, pengolahan, dan pemrosesan akhir sampah.

Di beberapa lokasi tempat pembuangan sampah di Indonesia kini sudah banyak yang mengaplikasikan  Geomembrane sebagai material pelapis kedap untuk mencegah pencemaran lingkungan.

Untuk mengetahui berbagai lokasi TPST yang sudah di revitalisasi sehingga lebih ramah lingkungan, Kamu bisa melihat informasinya melalui halaman berikut: Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) Kementerian KLHK.

Mengenal apa itu TPST?

TPST adalah singkatan dari Tempat Pengolahan Sampah Terpadu. Secara umum fungsi dari TPST adalah tempat pengumpulan, pemilahan, penggunaan ulang, pendauran ulang, pengolahan, dan pemrosesan akhir sampah, dikutip dari Waste4change.

TPST atau juga sering disebut tempat pembuangan akhir (TPA) adalah tempat untuk pengelolaan sampah yang terakhir dengan cara ditumpuk dan dipadatkan.

Namun untuk menghindari pencemaran air, tanah dan udara diperlukan material pelapis kedap air dan gas berupa material geomembrane yang berfungsi untuk mencegah pencemaran lingkungan.

Lalu apa saja fungsi utama pemasangan Geomembrane pada TPST, berikut ulasan selengkapnya.

Fungsi dan Aplikasi Geomembrane pada TPST

Bersumber dari halaman produk Geomembrane CV. Mutu Utama Geoteknik, Geomembrane adalah material yang diproduksi material dari High Density Polyethylene (HDPE) atau Low Density Polyethylene (LDPE) kelas tinggi yang memiliki kekuatan dan daya tahan yang telah teruji untuk pelapis kedap air dan gas.

jual geomembrane

Fungsi Geomembrane Pada TPST

Apa saja fungsi Geomembrane yang dipasang pada lokasi penampungan sampah, berikut beberapa fungsi utamanya.

1. Lapisan Kedap dan Penahan Air Lindi

Penumpukan sampah yang terus menerus pada TPA dapat menghasilkan air lindi. Di dalam air lindi terdapat berbagai senyawa organik antara lain asam sulfat, hidrokarbon, galat dan tanat.

Untuk mencegah air lindi masuk ke dalam tanah, perlu dipasang Geomembrane pada lapisan dasar dan dinding tempat pembuangan sampah tersebut. Untuk pemilihan dan pemasangan geomembrane pada TPA diperlukan spesifikasi geomembrane yang tepat.

2. Penutup Sampah dan Penahan Biogas

Pengaplikasian Geomembrane pada tempat pembuangan sampah akhir dapat difungsikan sebagai penutup sampah dan sekaligus berfungsi untuk menahan biogas yang dihasilkan oleh tumpukan sampah tersebut.

Sebagai informasi, kami CV. Mutu Utama Geoteknik merupakan supplier Geomembrane untuk produk lokal dan import dengan kualitas dan harga terbaik. Kami melayani konsultasi, penjualan, jasa pengiriman dan jasa pemasangan geomembrane yang menjangkau seluruh Indonesia.

Jasa Pemasangan Geomembrane

Untuk informasi selengkapnya Anda bisa mengunjungi Tim Marketing Engineer kami melalui halaman kontak kami. Terima kasih.

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?