Fungsi Geosintetik untuk Proyek Konstruksi Teknik Sipil

fungsi geosintetik

Bagikan Artikel Ini:

Apa saja ya fungsi Geosintetik pada proyek konstruksi teknik sipil? Agar kamu bisa mengenal fungsi dan jenis material geosintetik, yuk baca informasinya berikut.

Fungsi geosintetik dibagi menjadi 5 bidang yaitu untuk rekayasa struktur, geoteknik, sumber daya air, transportasi, manajemen dan rekayasa konstruksi. Dari lima bidang proyek infrastruktur yang dapat menggunakan manfaat geosintetik diatas, berikut penjelasan selengkapnya yang bisa kamu ketahui.

5 Manfaat Geosintetik untuk Konstruksi Sipil

Berikut penjelasan tentang manfaat geosintetik pada berbagai proyek konstruksi teknik sipil yang wajib kamu tahu. Selain itu kamu juga bisa mengetahui beragam jenis material geosintetik yang informasinya dibagian akhir artikel ini.

1. Rekayasa Struktur

Pada rekayasa struktur yang berhubungan dengan desain dan analisa bangunan diatas tanah dalam mendukung dan menahan beban kerja, material geosintetik berfungsi untuk lapisan penahan tanah sekaligus pembuatan sistem drainase pada bangunan.

2. Rekayasa Geoteknik

Dalam bidang rekayasa geoteknik yang berhubungan dengan tanah dan batuan guna mendukung sistem konstruksi, membuat pondasi bangunan dan perkuatan tanah, material geosintetik berfungsi untuk material perkuatan timbunan, separasi, filtrasi, stabilisasi dan proteksi sekaligus untuk perbaikan tanah.

3. Rekayasa Sumber Daya Air

Kemudian fungsi geosintetik pada proyek rekayasa teknik sumber daya air digunakan untuk pembuatan, pelapisan dan perbaikan sistem drainase lapangan olahraga, waduk, embung, tanggul, sungai dan lainnya untuk pengelolaan air bersih, irigasi atau pengairan dan kolam air limbah.

4. Rekayasa Transportasi

Dalam proyek rekayasa transportasi, geosintetik berfungsi sebagai material separator ballast rel kereta api, struktur lapisan perkerasan jalan raya, perbaikan tanah lunak, perbaikan tanah ekspansif dan tanah gambut. Selain itu, geosintetik juga bisa diaplikasikan untuk pembangunan dan perbaikan infrastruktur transportasi seperti landasan pacu pesawat di bandara, area pelabuhan untuk keluar masuk kendaraan dan bongkar muat.

5. Manajemen dan Rekayasa Konstruksi

Pada bidang manajemen dan rekayasa konstruksi, fungsi geosintetik yang diaplikasikan diberbagai proyek konstruksi teknik sipil ini merupakan solusi dan inovasi yang dapat mempercepat proses pengerjaan dengan efektif biaya.

Dari penjelasan manfaat geosintetik diatas, kini kamu juga harus tahu apa saja sih macam-macam material geosintetik itu? Untuk mengetahui lebih lanjut apa saja macamnya, yuk baca informasinya di halaman berikut Jenis – Jenis Geosintetik.

Dari informasi lima fungsi geosintetik untuk lima bidang  proyek konstruksi teknik sipil diatas, harapan kami bisa menjadi informasi yang bermanfaat.

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?