Fungsi Geotextile Woven untuk Jalan di Atas Tanah Lunak

Fungsi Geotextile Woven untuk Jalan di Atas Tanah Lunak - CV Mutu Utama Geoteknik

Bagikan Artikel Ini:

Fungsi Geotextile Woven untuk jalan di atas tanah lunak yang berfungsi untuk separator antara tanah dasar (subgrade) dan timbunan (agregat) sekaligus menstabilkan tanah untuk mencegah amblas dan longsoran.
Sebelum mengetahui lebih apa saja fungsi material geotextile woven untuk jalan ini, yuk kenali dulu apa itu material geotextile woven, pada penjelasan berikut.

Mengenal Apa itu Geotextile Woven?

Geotextile Woven adalah salah satu jenis geosintetik, yaitu material yang dibuat dari anyaman pita yang diproduksi menggunakan serat polipropilena. Kemudian anyaman tersebut berbentuk seperti lembaran karpet yang memiliki panjang dan lebar tertentu.

Material geotextile woven kini banyak digunakan untuk berbagai material separator dan penyetabil tanah untuk daya dukung pekerjaan geoteknik. Pada umumnya geotextile woven digunakan untuk pemisah antara tanah dasar dan urugan (agregat) pada berbagai jenis proyek.

Untuk mengetahui lebih lanjut kegunaan geotextile woven simak selengkapnya di pada informasi di bawah ini.

Kegunaan Geotextile untuk Jalan

Jika sudah mengenal apa itu material geotextile woven seperti pada penjelasan diatas, yuk kita cari tahu apa saja sih fungsi geotextile woven ini untuk konstruksi jalan, berikut penjelasannya.

1. Untuk Pemisah Material (Separator)

Material geotextile woven sering diaplikasikan untuk material pemisah antara tanah dasar dan timbunan (agregat). Fungsinya yaitu agar tanah dasar tidak bercampur dengan material timbunan.
Jika agregat (timbunan) yang berupa kerikil, pasir dan batuan bercampur dengan tanah dasar yang bersifat lunak, maka jalan akan mudah bergelombang.

2. Menstabilkan Tanah Dasar dan Timbunan (Stabilisasi)

Geotextile woven dapat berfungsi untuk menstabilkan tanah dasar dan timbunan diatasnya. Sehingga ketika timbunan mendapat tekanan dari atas, tanah dasar yang bersifat lunak tidak akan bercampur dengan timbunan.

Aplikasi atau fungsi geotextile woven untuk jalan diatas lunak dapat kita lihat pada permukaan jalan tanpa menggunakan lapisan geotextile woven yang bergelombang. Namun jika menggunakan lapisan geotextile woven permukaan rata dan stabil, karena agregat atau urugan tidak bercampur dengan tanah dasar.

3. Mencegah Hilangnya Material Timbunan

Untuk mencegah hilangnya material timbunan (agregat) pada jalan di atas lunak, pemasangan geotextile woven wajib dilakukan. Karena kegunaan material tersebut dapat menghalangi material hilang bercampur dengan tanah dasar yang bersifat lunak. Sehingga jika sudah bercampur jalan akan mudah bergelombang.

Sebagai informasi, kami CV. Mutu Utama Geoteknik merupakan supplier geotextile woven untuk jalan diatas tanah lunak. Kami melayani penjualan, jasa pengiriman dan jasa pemasangan geotextile woven yang menjangkau seluruh Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut penawaran harga dan jasa pemasangan, silahkan hubungi kami melalui kontak kami

supplier geotextile woven dan non woven untuk jalan - cv mutu utama geoteknik

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?