Geotextile Woven untuk Stabilisasi Tanah Pada Jalan

Geotextile Woven untuk Stabilisasi Tanah Pada Jalan

Bagikan Artikel Ini:

Geotextile Woven untuk stabilisasi tanah berfungsi memperbaiki struktur tanah untuk meningkatkan permeabilitas, kompresibilitas, durabilitas, plastisitas dan sensitifitas terhadap kadar air. 

Mengenal Geotextile Woven

geotextile woven untuk jalan

Apa itu Geotextile Woven?  Geotextile Woven atau juga disebut Geotekstil Woven adalah salah satu jenis material geosintetik yang dibuat dari bahan Polypropylene Polymer (PP) atau Polyester (PET) dengan cara dianyam menggunakan teknologi canggih melalui pengawasan mutu yang baik dan sudah teruji di laboratorium untuk memenuhi standar penggunaan material stabilisasi tanah.

Fungsi Geotekstil Woven

Geotekstil woven memiliki tiga fungsi utama sebagai material stabilisasi tanah untuk proyek pembangunan dan perbaikan jalan, berikut diantaranya.

1. Perkuatan

Geotextile woven jika dipasang pada lapisan konstruksi jalan dapat meningkatkan kekuatan tarik tanah, sehingga tanah dasar maupun timbunan akan lebih kuat menahan beban jalan.

2. Separasi

Material geotextile woven yang dipasang pada struktur jalan dapat mencegah bercampurnya dua lapisan tanah yang berdekatan yaitu antara tanah dasar (subgrade) dengan material timbunan (agregat).

3. Filtrasi

Pemasangan geotextile woven pada struktur lapisan tanah pada konstruksi jalan berfungsi untuk mencegah material halus seperti tanah dan pasir terbawa air.

Keunggulan Geotekstil Woven

Apa saja keunggulan Geotekstil woven jika diaplikasikan untuk stabilisasi tanah pada proyek pekerjaan pembangunan dan perbaikan jalan, simak kelebihannya berikut ini.

  1. Memiliki kandungan Carbon Black UV yang dapat melindungi dari paparan sinar ultraviolet.
  2. Memiliki tensile strength atau kuat tarik yang tinggi, sehingga menjamin keamanan struktur tanah.
  3. Memiliki permeabilitas tinggi untuk mengalirkan air pori ekses yang timbul akibat beban yang lewat.
  4. Memiliki koefisien interaksi tinggi untuk menciptakan kekangan terhadap gaya lateral pada interface antara geotekstil dan agregat.

Aplikasi Penggunaan Geotekstil

Dalam proyek stabilisasi tanah untuk jalan, geotekstil woven dapat diaplikasikan pada berbagai jenis pekerjaan jalan diantaranya:

  1. Jalan aspal
  2. Jalan tol
  3. Jalan akses perkebunan
  4. Jalan akses pelabuhan
  5. Jalan akses terminal
  6. Jalan akses pertambangan (hauling road)

Demikian informasi terkait dengan aplikasi penggunaan material Geotextile Woven untuk stabilisasi tanah pada proyek jalan.

Sebagai informasi, kami CV. Mutu Utama Geoteknik merupakan perusahaan supplier berbagai jenis geotextile untuk jalan dengan kualitas produk dan harga terbaik. Kami melayani konsultasi pemilihan material yang tepat untuk proyek Anda, penjualan, jasa pengiriman dan jasa instalasi yang menjangkau seluruh Indonesia.

Untuk informasi permintaan penawaran harga Geotextile, silahkan hubungi tim Marketing Engineer kami melalui halaman kontak kami. Terima kasih.

supplier geotextile woven indonesia

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?