Inovasi Tambak Garam dengan Teknologi Geomembrane Pada PT Garam

Inovasi Tambak Garam dengan Teknologi Geomembrane

Bagikan Artikel Ini:

Inovasi Tambak Garam dengan Teknologi Geomembrane kini menjadi solusi alternatif bagi para petambak garam di Indonesia. Seperti apa teknologi geomembrane tersebut menjadi inovasi yang dapat dijadikan oleh petambak garam untuk meningkatkan produktivitas garam, simak informasi selengkapnya disini.

Teknologi Geomembrane untuk Tambak Garam

Bersumber dari Buku Garam untuk Negeri oleh PT. Garam, penggunaan teknologi geomembrane di lokasi penelitian yaitu sebagai alas pada meja garam kristalisasi agar hasil produksi garam lebih banyak, bersih, putih, dan harga lebih tinggi.

Pada prosesnya dengan menggunakan teknologi geomembrane pada lahan, garam lebih cepat mengkristal dibandingkan metode tradisional dengan membutuhkan waktu tahap awal 20 hari, tahap kedua 15 hari, tahap ketiga 7-9 hari.

Pada tahun 2011, PT Garam melakukan penelitian terhadap manfaat geomembrane dalam mempercepat proses kristalisasi garam. Geomembrane merupakan lapisan lembar high density polyethylene (HDPE) berupa plastik tebal yang dihamparkan pada tanah garam.

Material Geomembrane dipasang sebagai lapisan anti air (waterproof) yang menjadi pembatas antara tanah dan air laut tua yang dialirkan dari kanal-kanal ke tambak garam.

Geomembrane berfungsi mempercepat minum (reservior) air laut sehingga proses kristalisasi menjadi lebih cepat dari sebelumnya.

Fungsi Geomembrane untuk Tambak Garam

Dikutip dari halaman Tambak Garam Modern dengan Geomembrane, penggunaan inovasi tambak garam dengan Geomembrane memiliki banyak fungsi dan keuntungan, diantaranya:

1. Mempercepat Kristalisasi Garam

Material geomembrane yang digunakan untuk alas tambak, dapat membantu menyerap panas sinar matahari. Sehingga keuntungan tersebut bisa mempercepat proses kristalisasi garam.

2. Garam Lebih Bersih

Penggunaan geomembrane untuk alas tambak garam modern ini, dapat mempermudah para Petani garam menjaga kebersihan area tambak. Sehingga hasil garam nantinya akan jauh lebih bersih dan higienis.

3. Meningkatkan Produktivitas

Jika kualitas garam lebih baik dan proses kristalisasi garam semakin cepat tentu menjadi salah satu keuntungan bagi Petani garam di Indonesia untuk meningkatkan produksi garam dan penjualannya.

4. Material Geomembrane Tahan Lama

Material geomembrane HDPE juga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama, jika dibandingkan alas tambak lainnya.

Dari keterangan diatas tentang fungsi atau keuntungan penggunaan Geomembrane pada tambak garam, juga dialami oleh PT. Garam.

Dikutip dari Buku Garam untuk Negeri oleh PT. Garam, produksi garam dapat meningkat jika masa panen garam dapat diperpanjang. Untuk memungkinkan produksi garam di musim hujan, PT Garam menerapkan uji coba teknologi tunnel dan prism pada tahun 2017.

Metode rumah garam tunnel dan prisma bertujuan meminimalisir ketergantungan terhadap cuaca. Dengan adanya rumah garam, butir-butir hujan tidak lagi jatuh ke area tambak dan manggagalkan proses kristalisasi garam. Uji coba penggunaan tunnel dan prisma di lahan seluas 200 hektare dilakukan PT Garam.

Demikian informasi yang kami sajikan untuk Anda terkait dengan inovasi tambak garam menggunakan geomembrane untuk mempercepat kristalisasi garam, meningkatkan produktivitas dan meningkatkan harga jual garam.

Sebagai informasi kami CV. Mutu Utama Geoteknik adalah perusahaan supplier Geomembrane di Indonesia yang menjual Geomembrane untuk tambak garam, melayani juga jasa pengiriman dan jasa pemasangan geomembrane untuk tambak garam yang menjangkau seluruh Indonesia.

geomembrane untuk tambak garam
geomembrane untuk tambak garam

Hubungi tim Marketing Engineering kami untuk informasi selengkapnya terkait permintaan penawaran harga geomembrane, jasa pengiriman maupun pemasangan melalui halaman kontak kami, via Whatsapp, Telp atau Email. terima kasih.

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?