Konstruksi Jalan Kebun Sawit dengan Geotextile Woven

Konstruksi Jalan Kebun Sawit dengan Geotextile Woven

Bagikan Artikel Ini:

Konstruksi jalan kebun sawit menggunakan inovasi teknologi Geotextile Woven yang berfungsi untuk pemisah, penyaring dan perkuatan pada jalan di atas tanah lunak pada akses perkebunan sawit. Lalu kenapa material ini sangat direkomendasikan untuk inovasi konstruksi jalan perkebunan sawit, simak ulasannya berikut ini.

Geotextile untuk Jalan Perkebunan Sawit

Seperti informasi yang kami kutip dari laman produk Geotextile woven di CV. Mutu Utama Geoteknik, material Geotextile Woven merupakan salah satu material sintetik yang kini menjadi solusi material yang sudah banyak digunakan pada penanganan tanah lunak atau gambut pada berbagai jenis jalan yang dibangun di atas perkebunan sawit.

Seperti yang kita ketahui, saat ini pemerintah sedang fokus dalam pembangunan jalan baru dan perbaikan jalan rusak termasuk pembangunan jalan tol yang dibangun di atas tanah lunak atau lahan gambut.

Pemasangan geotextile woven tentu juga sudah banyak digunakan pada pembangunan maupun perbaikan jalan tersebut, khususnya jalan diatas tanah lunak atau tanah gambut. Untuk mengetahui apa sih fungsi geotextile pada jalan di atas tanah gambut, simak ulasannya berikut ini.

Fungsi Geotextile untuk Jalan Gambut

Konstruksi jalan di atas tanah gambut seperti di area perkebunan sawit tentu membutuhkan inovasi teknologi dan perencanaan yang baik, agar jalan tidak mudah amblas.

Baca juga: informasi jalan kebun sawit anti amblas di artikel kami sebelumnya.

Pemasangan geotextile woven pada akses jalan perkebunan sawit berfungsi untuk memisahkan antara tanah dasar dan timbunan atau dua lapisan tanah yang memiliki ukuran yang berbeda sehingga tidak akan bercampur.

Selain fungsi diatas, pemasangan geotextile woven pada jalan perkebunan sawit juga berfungsi untuk mengurangi pergeseran jalan secara horizontal dan vertikal.

Keunggulan Geotextile Pada Jalan Kebun Sawit

Apa saja kelebihan maupun keunggulan geotextile yang dipasang pada kosntruksi jalan kebun sawit? Pemanfaatan geotextile woven pada konstruksi jalan di atas lahan gambut pada perkebunan sawit sangat direkomendasikan karena memiliki keunggulan, diantaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Memiliki kandungan Carbon Black UV yang dapat melindungi dari paparan sinar ultraviolet.
  2. Memiliki tensile strength atau kuat tarik yang tinggi, sehingga menjamin keamanan struktur tanah.
  3. Memiliki permeabilitas tinggi untuk mengalirkan air pori ekses yang timbul akibat beban yang lewat.
  4. Memiliki koefisien interaksi tinggi untuk menciptakan kekangan terhadap gaya lateral pada interface antara geotextile dan agregat.
  5. Mengurangi biaya perawatan atau rekontruksi jalan.

Demikian informasi terkait dengan penggunaan geotextile woven pada konstruksi jalan perkebunan sawit agar tidak mudah amblas dan rusak. Yang kami rangkum dari berbagai sumber salah satunya dari Modul Teknologi Penangan Tanah Simantu Kementerian PUPR.

Sebagai informasi, kami CV. Mutu Utama Geoteknik adalah perusahaan supplier Geotextile Indonesia yang melayani penjualan berbagai jenis geotextile untuk proyek jalan di Indonesia.

jalan kebun sawit dengan geotextile woven

Kami melayani juga konsultasi pemilihan geotextile, jasa pengiriman dan jasa pemasangan untuk beragam jenis kosntruksi jalan di seluruh Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi tim Marketing Engineering kami melalui halaman kontak kami. terima kasih.

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?