Cara Pembuatan Garam dengan Teknologi TUF Geomembrane

Cara Pembuatan Garam dengan Teknologi TUF Geomembrane - CV Mutu Utama Geoteknik

Bagikan Artikel Ini:

Cara pembuatan garam dengan Teknologi Teknologi Ulir Filter (TUF) dan Geomembrane pada proses pembuatan garam air laut akan menguap lebih cepat, dan meninggalkan partikel garam yang membentuk kristal garam.

Teknologi Ulir Filter (TUF) dan Geomembrane

Untuk memproduksi garam dari air laut selain dengan cara tradisional kini pemerintah sudah memberikan sosialisasi kepada petani tambak garam di Indonesia. Sosialisasi yang dimaksud mengenai metode pembuatan garam menggunakan teknologi ulir filter (TUF) dan Geomembrane.

Apa itu Teknologi Ulir Filter?

Teknologi Ulir Filter adalah metode pembuatan garam untuk mempercepat penguapan air laut, atau evaporasi air laut dengan bantuan sinar matahari melalui pengaliran air pada petakan-petakan berseri dalam proses penuaannya dan penambahan material alam yang berperan sebagai filter.

Apa itu Geomembrane?

Geomembrane adalah material berbentuk lembaran seperti terpal, yang diproduksi menggunakan bahan HDPE atau LDPE. Teknologi Geomembrane memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan terpal biasa. Keunggulan geomembrane yaitu fleksibel, kuat, tahan panas dan sinar UV sekaligus menyerap panas untuk mempercepat kristalisasi dan panen garam.
Material Geomembrane dapat Anda dapatkan dari supplier Geomembrane dengan kualitas dan harga terbaik. Sebagai saran, Anda bisa mendapatkan material geomembrane melalui CV. Mutu Utama Geoteknik yang merupakan penyedia Geomembrane yang melayani pengiriman dan jasa pemasangan geomembrane seluruh Indonesia.

Cara Membuat Garam dengan Metode TUF Geomembrane

Proses cara pembuatan garam dengan teknologi ulir filter, material geomembrane digunakan sebagai alas tambak garam atau alas kolam penampungan air. Teknologi TUF dengan Geomembrane tersebut sudah banyak dirasakan oleh petani garam di Indonesia. Teknologi tersebut selain dapat membantu mempercepat kristalisasi garam dan meningkatkan kualitas garam yang lebih bagus.
Bersumber dari halaman cara pembuatan garam Kementerian Kelautan dan Perikanan, berikut salah satu proses pembuatan garam air laut yang menggunakan teknologi TUF Geomembrane, selengkapnya.

1. Persiapan Lahan

Siapkan lahan dengan cara menguras petak garam pada Kolam Penampungan I, Petak Ulir Besar, Petak Ulir Kecil, Kolam Penampungan II, Meja Hablur/Meja Garam.

2. Pengaliran Air Menuju Kolam Penampungan I

Air Laut yang masih murni dengan densitas antara 0-1° Be dialirkan dengan menggunakan pompa ke dalam Kolam Penampungan I. Air laut yang telah alirkan, ditunggu hingga kadar densitanya mencapai 3° Be.

3. Pengaliran Air dari Kolam I Menuju Kolam II

Selanjutnya, air dari dari Kolam Penampungan I dialirkan ke Kolam Penampungan II menggunakan pompa melalui Petak Ulir Besar. Tujuannya adalah supaya air baku mengalami penguapan yang cukup banyak dan signifikan. Selain itu, dengan adanya jarak tempuh aliran air yang lebih panjang, diharapkan kotoran-kotoran yang bisa mengotori air bisa tersaring dan membuat air menjadi bersih.

4. Pengaturan Ketinggian Air

Air dalam Kolam Penampungan II diatur sedemikian rupa sehingga memiliki ketinggian antar 3-5 cm dan selanjutnya diukur dengan Boumeter untuk dilihat berapa densitasnya. Diharapkan hasil pengukuran menunjukkan 12°Be.

5. Pengaliran Air dari Kolam II Menuju Kolam III

Setelah selesai dilakukan pemrosesan dalam Kolam Penampungan II, air dialirkan ke Kolam Penampungan III melalui Petak Ulir Kecil. Tujuan pengaliran air pada ulir kecil dengan jarak yang panjang adalah untuk mempermudah penguapan air laut untuk mendapatkan kekentalan sebesar 20 °Be.

6. Pengaliran Air dari Kolam II menuju Meja Hablur

Dari Kolam Penampungan II, air dialirkan ke bunker atau Meja Hablur dengan densitas sekitar 20-25°Be. Perjalanan air dari Kolam Penampungan I hingga Meja Hablur membutuhkan waktu sekitar 14-15 hari. Artinya waktu yang diperlukan lebih sedikit atau lebih cepat dibandingkan proses pembuatan garam secara tradisional.
Sebagai informasi, jika Anda merupakan Petani garam atau pengusahaan garam, kami CV. Mutu Utama Geoteknik dapat membantu Anda menyediakan Geomembrane dan jasa pemasangan geomembrane terbaik yang menjangkau seluruh Indonesia. Hubungi kami untuk informasi dan konsultasi.



cara membuat garam dengan teknologi geomembrane - cv mutu utama geoteknik

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?