Teknologi Pelindung Tebing Sungai dengan Geocell untuk Cegah Erosi

Bagikan Artikel Ini:

Mengenal teknologi pelindung tebing sungai dengan Geocell sebagai material yang berfungsi untuk perlindungan dan perkuatan tebing sungai dari erosi sungai. Untuk mengetahui lebih lanjut apa itu Geocell dan bagaimana penerapannya, simak penjelasan berikut ini.

Apa itu Tebing Sungai?

Tebing Sungai adalah bagian terluar dari tepi sungai atau pinggir lengkungan sungai yang berbentuk vertical atau miring. Terbentuknya tebing sungai secara alami diakibatkan oleh adanya proses erosi oleh aliran air.

Mengenal apa itu Geocell?

Geocell adalah material yang diproduksi dari bahan HDPE (High Density Poly Ethylene) dan berbentuk struktur heksagonal saling terkait dan jika dipasang berbentuk seperti sarang tawon. Geocel kini banyak digunakan pada berbagai proyek insfrastruktur bangunan sebagai material perlindungan serta perkuatan tebing dan lereng. Salah satu penerapannnya yaitu untuk rekayasa perlindungan dan perkuatan tebing sungai.

Geocell untuk Teknologi Pelindung Tebing Sungai
Geocell untuk Teknologi Pelindung Tebing Sungai

Keunggulan Material Geocell

  • Geocell terbuat dari bahan HDPE, memiliki kekuatan jangka penggunaan lama.
  • Material geocell sangat praktis dan mudah di pasang pada tebing sungai.
  • Geocell juga bisa dibongkar dan dipasang kembali
  • Material geocell memiliki ketahanan terhadap kelembaban, kimia dan biologi.

Penerapan Geocell untuk Perkuatan Tebing Sungai

Bagaimana cara penerapan geocell sebagai teknologi pelindung tebing sungai? Material geocell bisa diaplikasikan pada tebing sungai yang rawan terjadinya erosi dan longsor.  Bersumber dari halaman Litbang Kementerian PUPR, penelitian dan penerapan geocel sudah dilakukan. Salah satu penerapannya yaitu di Desa Patihan Kelurahan Karang Tengah Kabupaten Sragen, berikut penerapannya.

  1. Pembersihan Lokasi
  2. Pengukuran kembali dengan pemasangan beberapa patok.
  3. Pembuatan galian tanah untuk pemasangan pondasi dengan batu kali yang dilengkapi dengan anker untuk pengikat geocell.
  4. Pembentukan lereng tebing sesuai desain perencanaan dengan pekerjaan urugan yang dipadatkan maupun pekerjaan galian.
  5. Pemasangan geotextile non woven untuk lapisan permukaan tanah, kemudian tanah diurugkan diatas setebal 15 cm lalu dipadatkan.
  6. Pemasangan geocell pada lereng tebing sungai dengan cara dibentangkan arah memanjang sesuai dengan ukuran geocell. Kemudian pastikan bentuk geocell tidak berubah dan stabil dengan pemasangan digunakan anker.
  7. Setelah posisi geocell sesuai desain rencana dan cukup stabil maka geocell dapat diisi dengan beton dari bawah hingga jarak 1,00 m dari tepi atas selanjutnya bagian sisi atas selebar 1,00 m diisi dengan tanah yang diberi gebalan rumput.
  8. Pembuatan saluran drainase di ujung hulu bangunan dan tangga dari pasangan batu kali di ujung hilir bangunan. Saluran drainase dapat berfungsi untuk mengalirkan air yang akan masuk ke sungai agar tidak langsung lewat puncak tebing sungai. Sedang tangga berfungsi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam memudahkan naik/turun tebing waktu ke sungai.

Sebagai informasi, kami CV. Mutu Utama Geoteknik merupakan supplier Geocell di Indonesia. Kami menyediakan Geocell untuk solusi teknologi pelindung tebing sungai. Kami selain supply produk, juga melayani jasa pengiriman dan jasa pemasangan geocell yang menjangkau seluruh Indonesi. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami melalui kontak kami yang ada di halaman produk Geocell.

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?